DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP

Kilas Berita  
Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI di SKPT Saumlaki

Saumlaki - Anggota komisi IV DPR-RI melakukan kunjungan kerja spesifik di lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku (26/3). Rombongan komisi IV DPR RI ini dipimpin oleh Edhy Prabowo dengan anggota Michael Wattimena, Endro Hermono, Umar Arsal, Ahmad Yonan, H. Ibnu Multazam dan Sulaeman L. Hamzah dan didampingi langsung oleh Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulficar Mochtar. 

 

Setelah tiba di Bandar Udara Mathilda Batlayeri, rombongan diterima oleh Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Piterson Rangkoratat. Selanjutnya, seluruh rombongan diajak untuk meninjau langsung kondisi terkini lokasi SKPT Saumlaki. 

 

Tepat di Pelabuhan Perikanan (PP) Ukurlaran, dalam sambutannya Zulficar mengatakan pembangunan SKPT ini tidak hanya bisa dilakukan oleh KKP sendiri. Melainkan harus dibarengi dan didukung oleh berbagai pihak seperti oemerintah daerah setempat, masyarakat, DPR dan pihak-pihak lain agar dapat menunjang aspek yang lain.

 

"Kita terus berkomitmen untuk mengawal Maluku Tenggara Barat hingga SKPT Saumlaki rampung. Dialog akan terus kita lakukan untuk menjaring aspirasi dari masyarakat," ujarnya.

 

Sementara itu Eddy meminta agar jangan menjadikan birokrasi sebagai penghambat untuk membangun kelautan dan perikanan. Dia ingin SKPT Saumlaki ini berjalan setelah kunjungan kerja spesifik DPR.

 

"Anggaran ada jadi harus segera dikerjalan. Kita bicara Maluku ini tidak bisa disamakan dengan Pulau Jawa, Sumatera atau Kalimantan. Maluku 82% adalah laut," jelasnya.

 

Seperti diketahui, proses hibah aset SKPT Saumlaki dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat sedang berjalan. Sehingga setelah hal ini selesai, pembangunan sarana prasarana di SKPT Saumlaki dapat dilakukan. 

 

Dalam kesempatan ini, nelayan Maluku Tenggara Barat juga mendapatkan sejumlah bantuan dari pemerintah berupa kapal perikanan, alat penangkapan ikan, coolbox, asuransi nelayan dan bantuan permodalan dari perbankan. 

Cahyo Priono   28 Maret 2018   Dilihat : 197



Artikel Terkait:
Website Security Test