DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP

Kilas Berita  
Tingkatkan Mutu Produksi Perikanan, KKP Resmikan TPI Higienis di Cirebon

Jakarta (15/2) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) meresmikan tempat pemasaran ikan (TPI) higienis di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan Cirebon untuk meningkatkan mutu produksi perikanan tangkap. Selain itu juga memberikan sejumlah bantuan untuk mendukung pengelolaan perikanan tangkap yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Bukan tanpa alasan, revitalisasi TPI higienis yang menelan biaya Rp 4,7 miliar ini bertujuan agar pasokan produksi perikanan tetap terjaga kualitasnya. TPI higienis ini juga menghapus kesan TPI yang kotor dan sanitasi yang kurang layak. Apabila produksi perikanan terjamin mutunya, maka harga yang diperoleh juga berdampak pada peningkatan pendapatan nelayan.

TPI higienis ini diresmikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja, anggota komisi IV DPR RI Ono Surono, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail, Pjs Walikota Cirebon Dedi Taufikkurohman, Bupati Cirebon Selly Adriani Gantina, Bupati Indramayu Ana Sophanah, Direktur Pelabuhan Perikanan DJPT Frits P. Lessnusa, Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan Agus Suherman dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Sjarief menyebutkan TPI higienis ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk mendukung denyut perikanan di Cirebon.

“Kita ingin menghilangkan citra pelabuhan perikanan yang kumuh dan kotor, ikan harus dikelola dan ditangani dengan baik dan tidak dibiarkan begitu saja di lantai sesuai regulasi internasional,” ujar Sjarief di hadapan ratusan nelayan. (CP)

djpt   16 Februari 2018   Dilihat : 277



Artikel Terkait:
Website Security Test