DIREKTORAT JENDERAL PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
STASIUN PSDKP TAHUNA SELENGGARAKAN KEGIATAN SOSIALISASI PERATURAN PEUNDANG-UNDANGAN BIDANG PENANGKAPAN IKAN

Stasiun PSDKP Tahuna melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Penangkapan Ikan bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Kelautan & Perikanan, Kab Kep. Sangihe, Tahuna, (22/5). Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber dari instansi terkait dan dihadiri oleh para stakeholders (pemangku kepentingan) di bidang penangkapn ikan diantaranya adalah pelaku usaha perikanan tangkap/ pemilik kapal, para nakhoda kapal perikanan yang menggunakan alat tangkap purse seine, perwakilan nelayan kecil dan para pejabat Eselon III dan IV Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kep. Sangihe, serta, Penyuluh Perikanan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini perwakilan dari Stasiun PSDKP Tahuna turut menjadi salah satu narasumber dengan materi “ Peraturan Perundang-Undangan di bidang penangkapan ikan serta pengawasan kedatangan dan keberangkatan kapal perikanan”. Adapun Instansi lainnya yang menjadi narasumber yaitu: Kadis KP Kep. Sangihe, dengan materi “Program Kegiatan thn 2018 dan Kebijakan Pemda dalam Pembangunan Perikanan di Kab Kepl Sangihe” dilanjutkan dengan perwakilan dari Polres Sangihe dengan materi “ Peran Polri dalam upaya Penegakan Hukum di Laut serta memberantas IUU Fishing di perairan Kepl Sangihe” dan perwakilan dari Lanal Tahuna dengan materi “ Peran TNI AL dalam upaya penegakan Hukum di Laut serta memberantas IUUF” dan yang terakhir perwakilan dari SKIPM Tahuna dengan materi “Peraturan Perundang-Undangan terkait Karantina Ikan serta Pengawasan Distribusi Keluar Masuk Hasil Perikanan.

Disamping kegiatan sosialisasi juga dilaksanankan kegiatan diskusi dalam rangka merumuskan suatu solusi terhadap beberapa permasalahan bidang penagkapan ikan yang terjadi di Kab. Sangihe. Beberapa permasalan tersebut yaitu adanya kapal-kapal purse seine yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di Jalur Penangkapan ikan terlarang, terdapat beberapa kapal perikanan yang belum memiliki dokumen perijinan penangkapan ikan (trmasuk kapal bantuan pemerintah), prosedur pemeriksaan kapal perikanan saat dilaut yang dilakukan oleh petugas penegak hukum yg berbeda serta sinergitas aparat penegak hukum di laut perlu ditingkatkan.

Adapun Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta tentang kegiatan penangkapn ikan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan juga dapat mentaatinya sehingga tercipta keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan demi keseahteraan masyarakat kab, Kep. Sangihe, Tahuna.

djpsdkp   24 Mei 2018   Dilihat : 692



Artikel Terkait:
Website Security Test