DIREKTORAT JENDERAL PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Ditjen PSDKP Selanggarakan Workshop Satu Data

Ditjen PSDKP Selanggarakan Workshop Satu data di Ruang Tapat Tuna, GMB IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan, (19/4) Saat ini, kondisi pengelolaan data Direktorat Jenderal PSDKP sebagian besar masih dilakukan secara manual. Walaupun data-data tersebut telah dikelola secara elektronik dan berbasis web, namun belum terintegrasi dengan unit kerja lain yang membutuhkan atau berkaitan data tersebut. Masing-masing unit kerja Eselon II lingkup Direktorat Jenderal PSDKP teah membuat aplikasi online sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Akibatnya, secara umum terdapat inefisiensi anggaran dan waktu, sehingga diperlukan upaya penyatuan (integrasi) data di lingkup Direktorat Jenderal PSDKP.

Sekretariat Direktorat Jenderal PSDKP telah melakukan identifikasi kebutuhan data pengawasan SDKP yang melibatkan unit kerja Eselon II lingkup Direktorat Jenderal PSDKP. Secara manual, kebutuhan data tersebut dituangkan dalam bentuk tabulasi data, yang selanjutnya di entry oleh Unit Pelaksana Teknis di daerah secara periodik. Diharapkan dengan data tabulasi yang dikirimkan ke pusat dapat mencerminkan pelaksanaan tugas di UPT, sehingga data dapat terdokumentasi secara akurat, berkesinambungan dan terintegrasi. Untuk memberikan pengetahuan dan mendapatkan masukan dari petugas dilapangan, maka Sekretariat Direktorat Jenderal PSDKP perlu melaksanakan kegiatan workshop satu data Direktorat Jenderal PSDKP.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pengelola data dalam mengelola dan pemanfaatan data untuk pelaksanaan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, serta menjaring masukan dan kebutuhan data dilapangan dalam upaya memperkuat dan memudahkan pelaksanaan tugas dan fungsi. Adapun ruang lingkup workshop dibatasi dengan fokus sebagai berikut: Tata Kelola dan Masterplan informasi dan teknologi KKP; Data Pengawasan SDKP; Kontribusi data lingkup KKP bidang Pengawasan SDKP; Bentuk dan mekanisme pengelolaan data.

djpsdkp   20 April 2018   Dilihat : 268



Artikel Terkait:
Website Security Test