DIREKTORAT JENDERAL PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
DUA NELAYAN ASAL SUMATERA UTARA DIPULANGKAN DARI MALAYSIA

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI di Penang, Malaysia, melaksanakan pemulangan 2 (dua) orang nelayan asal Sumatera Utara, Rabu (28/03). Dua nelayan tersebut ditangkap oleh otoritas Malaysia, dengan tuduhan memasuki wilayah perairan Malaysia dan melakukan kegiatan penangkapan ikan tanpa ijin dari Pemerintah Malaysia.


Kedua orang nelayan yang bernama Heri (29 tahun) asal Kabupaten Deli Serdang dan Dani Sajib asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara tiba di Bandara Kuala Namu, Medan, pada tanggal 28 Maret 2018. Mereka secara resmi diterima oleh wakil dari stasiun PSDKP Belawan dan kemudian diserahterimakan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara serta DKP Kab. Deli Serdang dan DKP Kab. Langkat.


Pemulangan dilksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 39/PERMEN-KP/2016 tentang Tata Cara Pemulangan Nelayan Indonesia yang Ditangkap Di Luar Negeri Karena Melakukan Penangkapan Ikan Di Negara Lain Tanpa Izin. Peraturan tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap nelayan Indonesia yang ditangkap di luar negeri karena melakukan penangkapan ikan tanpa izin.

djpsdkp   29 Maret 2018   Dilihat : 159



Artikel Terkait:
Website Security Test