DIREKTORAT JENDERAL PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Cegah Illegal Fishing Indonesia-Australia Patroli Bersama di Perbatasan

Jakarta, (2/11) Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan patroli bersama atau juga dikenal dengan patroli terkoordinasi (Patkor) dengan Australia dalam pengawasan kegiatan penangkapan ikan ilegal (illegal fishing). Patkor dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 23 hingga 26 Oktober 2016 di wilayah perbatasan Zona Ekonomi Eksklusif(ZEE) kedua negara, tepatnya di wilayah Laut Arafura. Demikian ungkap Direktur Pengoperasian Kapal Pengawas, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Goenaryo di Jakarta (1/11).

Selanjutnya Goenaryo menjelaskan patroli bersama ini diselenggarakan sebagai implementasi dari kerjasama Indonesia dan Australia melalui Forum Pengawasan Perikanan Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Fisheries Survelillance Forum /IAFSF). Patkor ini juga dilakukan tidak hanya untuk pengawasan kegiatan illegal fishing, namun Patkor kali ini juga bertujuan untuk pertukaran data dan informasi antar kedua negara guna mencegah illegal fishing. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan kerjasama antrara Direktorat Jenderal PSDKP, Australian Marine Border Force (AMBF), serta Australian Fisheries Management Authority (AFMA).

Kegiatan melibatkan dua kapal pengawas perikanan KKP, yang terdiri dari KP Hiu Macan Tutul 001 dan KP Hiu Macan 006. Sementara itu, Australia juga menurunkan satu buah kapal Australian Customs Vessel (ACV Thaiyak) dan satu buah pesawat (Dash-8 Aircraft) yang berfungsi melakukan kegiatan pemantauan melalui udara.

Patkor yang sempat membuat kapal pengawas harus kembali ke pangkalan akibat gelombang tinggi yang mencapai empat meter ini berhasil melakukan pemeriksaan terhadap 35 unit kapal perikanan di wilayah peairan Laut Aru. Sebanyak 15 unit diperiksa oleh KP Hiu Macan Tutul 001, dan 20 unit oleh KP. Hiu Macan 006. Sejumlah kapal tersebut tidak ditemukan melakukan kegiatan illegal fishing.(SBO)

djpsdkp   13 Februari 2017   Dilihat : 567



Artikel Terkait:
Website Security Test