LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SORONG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
Bergerak Bersama, Satu Kali Kayuh Dua Tiga Pulau Terlampaui

Sabtu pagi, 07 Juli 2018 deburan ombak disertai angin berhembus di Pantai Poltek KP Sorong mengiringi tim Loka PSPL Sorong yang bersiap melakukan monitoring perkembangan transplantasi karang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penanaman bibit karang pada media transplantasi akhir tahun 2017 lalu. Setidaknya 9 orang penyelam berpengalaman dari Loka PSPL Sorong disiapkan dalam kegiatan ini. Kesemua penyelam ini dibagi menjadi 4 tim monitoring yang masing-masing tim terdiri dari 2 orang penyelam dan 1 penyelam untuk mendokumentasikan segala kegiatan yang ada di bawah air.

Tak hanya melakukan monitoring perkembangan transplantasi karang, bersamaan dengan kegiatan ini dilakukan pula pembersihan dan perawatan rutin media transplantasi karang serta bersih pantai Poltek KP Sorong. Yang membuat istimewa, kali ini turut bergabung pula sukarelawan-sukarelawan (volunteer) dari elemen masyarakat yang terjaring melalui publikasi di media sosial resmi milik Loka PSPL Sorong. Tercatat 7 orang volunteer ikut bergabung dalam rangkaian kegiatan ini. Setelah semua peralatan yang ada siap dilakukanlah briefing singkat untuk pembagian tugas masing-masing anggota tim.

Tak ketinggalan semangat Asian Games 2018, Energy Of Asia digaungkan dalam kegiatan ini guna menambah semangat semua anggota tim. Dengan penuh semangat seluruh anggota tim menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan briefing yang dilakukan sebelumnya. Dengan sigap tim monitoring transplantasi karang segera bergerak menuju media untuk melakukan monitoring dan pembersihan media transplantasi. Sementara itu, tak ragu semua volunteer juga menceburkan diri ke laut untuk mencari dan mengangkat sampah-sampah terutama sampah plastik yang ada di sekitar Pantai Poltek KP Sorong, bahkan beberapa diantaranya hingga melakukan tag dive untuk mengambil sampah di dasar perairan.

Sampai waktu akhir yang telah disepakati sekitar pukul 13.00 WIT semua tim telah selesai menyelesaikan tugasnya. Rasa haus tentunya menjadi hal yang wajar setelah seharian berkegiatan. Namun komitmen Loka PSPL Sorong untuk mengurangi bahkan menghindari penggunaan plastik satu kali pakai dalam kegiatan ini sama sekali tak digunakan air minum dalam kemasan. Panitia menyediakan air gallon isi ulang. Dengan demikian semua yang terlibat dalam kegiatan ini terdorong untuk menggunakan botol guna ulang (reusable bottle). Ini juga merupakan bentuk kampanye Loka PSPL Sorong untuk meminimalisir sampah di pesisir dan laut terutama sampah plastik.

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan ini. Sebuah kegiatan yang luar biasa, dalam satu waktu kegiatan perawatan rutin media transplantasi, monitoring pertumbuhan karang, dan bersih pantai dapat terselesaikan bersama. Mari bergerak bersama untuk wujudkan cita-cita kita, Laut Masa Depan Bangsa. [FNH]

lpsplsorong   08 Juli 2018   Dilihat : 418



Artikel Terkait:
Website Security Test