BALAI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL KUPANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
BKKPN Kupang Bekali Nelayan TNP Laut Sawu Dengan Log Book

 

KUPANG - Dalam upaya mengetahui pemanfaatan perikanan tangkap di kawasan TNP Laut Sawu, BKKPN Kupang membekali nelayan yang telah memiliki Tanda Daftar Kegiatan Penangkapan Ikan (TDKPI) dengan log book.

 

Terpantau di Ruang Pelayanan Publik BKPPN Kupang, Jl. Yos Sudarso Jurusan Bolok pada Kamis (12/07/2018) beberapa nelayan terlihat mendapatkan penjelasan log book dari Hilmi, salah seorang petugas pelayanan publik BKKPN Kupang.

 

Pemberian log book ini bertujuan untuk memantau kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan di TNP Laut Sawu. Hasil pencatatan log book diharapkan dapat memberikan informasi berapa jumlah armada dan jenis alat tangkap yang digunakan. Selain itu akan diketahui pula jumlah hasil tangkapan nelayan serta jenis-jenis ikan yang tertangkap lengkap dengan ukurannya. 

 

Sambutan baik diberikan oleh nelayan dikarenakan selain untuk tujuan pemantauan pengelolaan perikanan, log book ini juga akan menjadi catatan bagi nelayan berapa besaran pemasukan dihasilkan dan pengeluaran yang dibutuhkan dalam satu kali trip penangkapan.

 

“Dari sini nelayan dapat mengetahui secara pasti apakah usaha penangkapan yang dilakukan ekonomis atau tidak. Mereka juga dapat memperhitungkan komponen pengeluaran mana yang harus dilakukan efisiensi. Pencatatan ini bagi BKKPN Kupang selaku pengelola kawasan, akan menjadi data sosial ekonomi nelayan penangkap ikan,” ujar Hilmi menjelaskan.

 

Kedepannya diharapkan semua nelayan kecil yang melakukan penangkapan ikan di TNP Laut Sawu segera mengurus TDKPI dan akan mendapatkan log book secara gratis dimana hingga saat ini jumlah nelayan yang telah memiliki TDKPI baru 34 orang nelayan.

 

Penulis : Muhammad Hilmi
Editor : Fauzi Fathan

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang   12 Juli 2018   Dilihat : 728



Artikel Terkait:
Website Security Test