BALAI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL KUPANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
Penyusunan Laporan Keuangan Lingkup Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Semester 1 TA 2018

 

BOGOR – Tim Penyusun Laporan Keuangan BKKPN Kupang mengikuti rekonsiliasi dan penyusunan Laporan Keuangan Semester 1 Tahun Anggaran 2018 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan di Hotel Arch Hotel Bogor, (09-11/07/2018).

 

Kegiatan ini diikuti oleh total 40 Satuan Kerja Lingkup Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut yang terdiri atas 5 Satker Kantor Pusat, 8 Satker Kantor Daerah dan 27 Satker Dekonsentrasi.

 

Dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, agenda rutin dua kali setahun ini bertujuan untuk menyusun laporan keuangan semester 1 TA 2018 tingkat Eselon 1, rekonsiliasi data transaksi keuangan dan identifikasi masalah pada laporan keuangan satuan kerja serta pengumpulan informasi yang akan diungkapkan dalam Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

 

BKKPN Kupang sebagai entitas akuntasi di Kementerian Kelautan dan Perikanan berkewajiban untuk menyusun Laporan Keuangan secara berjenjang yang akan dikompilasi hingga tingkat Kementerian. Isi dari laporan keuangan ini terdiri atas Laporan Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual, SIMAK BMN dan Persediaan.

 

Harapan dari pelaksanaan rekonsiliasi ini antara lain mempercepat penyelesaian atas temuan Audit BPK; meminimalisir potensi kesalahan penginputan data dan tersusunnya Laporan Keuangan semester 1 TA.2018 tingkat Eselon 1 yang berkualitas sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 215/PMK.05/2016 tentang Standar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat.

 

Penulis : Tri Setiyo Wisnu Wardoyo
Editor : Fauzi Fathan

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang   10 Juli 2018   Dilihat : 516



Artikel Terkait:
Website Security Test