DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
Menyambut Hari Terumbu Karang, BKKPN Kupang Wilker TWP Gili Matra Bersama Balai Bio Industri Laut LIPI Berpartisipasi dalam Kegiatan Bersih Pantai

KUPANG - Dalam rangka menyambut hari terumbu karang, BKKPN Kupang Wilker TWP Gili Matra bersama Balai Bio Industri Laut LIPI ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai (beach clean up) yang diselenggarakan di Pulau Gili Meno, salah satu pulau dalam kawasan konservasi perairan nasional TWP Gili Matra, pada Minggu (6/5/2018).

Kegiatan bersih pantai (beach clean up) ini adalah kegiatan rutin yang selama ini telah dilakukan oleh masyarakat Gili Meno dengan dipelopori oleh para pemuda Gili Meno yang tergabung dalam Trash Hero Gili Meno. Trash Hero adalah sebuah yayasan yang berdiri di Ceko tahun 2013. Salah satu kegiatan Trash Hero adalah mengumpulkan sampah-sampah di area umum agar area umum tetap bersih dari sampah. Sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut dapat dikirim ke tempat pengelola sampah (TPS) akhir atau di recycle, tergantung kebijakan masing-masing tempat. Trash Hero masuk pertama kali  ke Indonesia tahun 2015 di Gili Meno, kemudian menyebar ke Tanjung, Lombok Utara, Bali, Ambon, Flores dan beberapa daerah Indonesia lainnya.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Dusun Gili Meno, Bapak Iskandar, yang mengucapkan apresiasi kepada BKKPN Kupang Wilker TWP Gili Matra dan Balai Bio Industri Laut LIPI yang berpartisipasi dalam kegiatan Kegiatan bersih pantai. Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Bio Industri Laut LIPI, Hendra Munandar, menyerahkan botol air isi ulang kepada para peserta. “Botol air isi ulang ini adalah sumbangsih Kami untuk mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik”, kata Hendra sebelum secara simbolis memberikan botol air isi ulang dan kantong sampah serta sarung tangan untuk keperluan acara bersih pantai.

“Kegiatan bersih pantai yang telah rutin dilaksanakan di Gili Meno setiap minggunya, kami harapkan bisa menjadi contoh untuk dilaksanakan di kawasan lainnya”, pungkasnya menutup sambutan.

Puluhan peserta yang terdiri dari  masyarakat Gili Meno, wisatawan asing,  pegawai BKKPN Kupang Wilker TWP Gili Matra beserta  karyawan dan keluarga Balai Bio Industri Laut LIPI kemudian bergerak dengan peraltan yang tersedia untuk memungut sampah melalui rute yang telah ditentukan. Hasilnya hanya beberapa kantung plastik yang bisa didapatkan karena sampah-sampah plastik  saat ini sudah tidak lagi berserakan.

Sebagai informasi, ini adalah acara kolaborasi kedua antara BKKPN Kupang Wilker TWP Gili Matra bersama Balai Bio Industri Laut LIPI untuk pengelolaan TWP Gili Matra. Sebelumnya, pada akhir tahun 2017, BKKPN Kupang Wilker TWP Gili Matra bersama Balai Bio Industri Laut LIPI melakukan restocking teripang di dalam kawasan TWP Gili Matra.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BKKPN Kupang, Ikram M. Sangadji, meminta agar kerja sama yang telah baik dapat terus ditingkatkan terutama untuk menjawab tantangan pengelolaan kawasan konservasi yang semakin kompleks.

Penulis : A. Boby Adi Rianto
Editor : Fauzi Fathan

(Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang)

 

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   07 Mei 2018   Dilihat : 138



Artikel Terkait:
Website Security Test