DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
Enumerator BPSPL Pontianak Temukan 2 Penyu Dalam Kondisi Mati Di Pulau Denawan

Kotabaru – Berdasarkan laporan enumerator BPSPL Pontianak yang bertugas melakukan pendataan penyu di Pulau Denawan, ditemukan 2 ekor penyu mati di Pulau Denawan.

Penyu pertama, ditemukan  dalam kondisi mati pada hari selasa (17/4) sekitar pukul 17.15 saat enumerator penyu, Busdar sedang melakukan perjalanan ke Pulau Denawan dari Pulau Marabatuan menggunakan perahu, ditengah perjalanan ketika mendekati pulau Denawan beliau  mendapatkan satu ekor penyu hijau dalam keadaan mati mengambang di laut yang kemudian dinaikkan ke perahu untuk di dokumentasikan. Bangkai penyu kemudian dihanyutkan kembali kelaut. dugaan sementara kematian karena terjerat jaring.

Dan kembali ditemukan lagi,  pada hari Jumat (20/4) satu ekor penyu jenis penyu hijau dalam keadaan mati, terdampar di sekitar perairan dangkal Pulau Denawan. Adapun kondisi saat ditemukan terdapat luka sayatan di perut bagian bawah sebelah kanan (dekat dengan flipper belakang) dan usus terburai. Dari kondisi penyu yang ditemukan tesebut dugaan sementara kematian terjerat jaring kemudian disayat perutnya untuk diambil telurnya. Bangkai Penyu kemudian dihanyutkan kembali ke laut dikarenakan bobotnya yang berat sehingga sulit untuk dibawa ke darat untuk dikuburkan. 

Selain itu juga berdasarkan laporan yang disampaikan oleh enumerator tersebut, Minggu (15/4) didapatkan satu sarang penyu sisik yang telah dibongkar oleh orang yang tidak kenal, dan setelah diperiksa sarangnya tidak ditemukan telur penyu yang kemungkinan telah diambil oleh orang yang sengaja membongkar sarang tersebut.

Upaya pengambilan telur penyu yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dikarenakan masih ada saja masyarakat yang memperdagangkan telur penyu di Kalimantan Selatan. BPSPL Pontianak sendiri melalui wilker Banjarmasin, telah beberapa kali melakukan Upaya bekerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam rangka konservasi penyu di Kalimantan Selatan seperti, Survey dan Monitoring, Sosialisasi ke masyarakat dan stakeholder (lihat berita : http://bpsplpontianak.kkp.go.id/bersama-pamali--enumerator-bpspl-pontianak-sosialisasikan-penyu-di-sekolahan) , penertiban/sidak perdagangan telur penyu (lihat berita :http://bpsplpontianak.kkp.go.id/sidak-pasar-kemakmuran--bpspl-pontianak-beserta-tim-amankan-414-butir-telur-penyu) , dan kegiatan pendataan (enumerator). [apri-andrian]

(Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Pontianak)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   03 Mei 2018   Dilihat : 84



Artikel Terkait:
Website Security Test