BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN HASIL PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Awali Pendampingan, 9 Tenant Inkubasi Bisnis Invapro-KP 2018 Ikuti Bimbingan Teknis

BBP2HP, Jakarta. Inkubasi Bisnis Inovasi Produk Kelautan dan Perikanan (Inbis Invapro KP) merupakan salah satu sarana bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan fasilitas sekaligus pengembangan usahanya dari segi manajemen maupun teknologi. Inbis Invapro-KP sejak 2016 telah menginkubasi sebanyak 16 pelaku usaha dan tahun ini telah terpilih 9 tenant yang lolos seleksi pada 23-24 Mei 2018 mengikuti bimbingan teknis di BBP2HP Jakarta.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (2015), Indonesia memiliki lebih dari 61.603 unit pengolah ikan (718 skala menengah besar dan sisanya yaitu 60.885 skala mikro kecil). UMKM bidang perikanan ini masih lemah terutama dalam hal manajemen, akses terhadap informasi pasar, teknologi dan sumber daya manusia (SDM).  Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang baik dari berbagai pihak untuk memberikan pelayanan langsung kepada pelaku usaha salah satunya melalui Inbis Invapro-KP.  Inbis Invapro-KP melakukan inkubasi kepada tenant maksimal 2 tahun dan diharapkan dapat mengelola suatu program desain untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui rangkaian program pendampingan.

Tenant yang lolos 3 tahap seleksi yaitu administrasi, wawancara, dan verifikasi lapangan akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek). Pada 23-24 Mei 2018 di Ruang Rapat Surimi, BBP2HP, Jakarta telah dilaksanakan bimtek yang diikuti oleh 9 tenant binaan tahun 2018 yaitu Anta Maiq-Kota Mataram, Sasaq Maiq-Kota Mataram, Natcha-Kota Ambon, Bekasi Presto-Kab. Bekasi, Quree-Kab. Sukabumi, Tunabee-Kota Bogor, Auliasari-Kota Bandung, Sejahtera-Kab. Bandung, dan Nanda Aquatik-Kab. Bogor; dan dihadiri oleh 5 tenant binaan tahun 2017 antara lain Hanada-Kab. Bogor, Bina Sejahtera-Kab. Bogor, Bandeng Rorod-Kab. Bekasi, Dapur Sauja-Kab. Bekasi, dan Duo Mitra Raya-Kab. Sukabumi.  Bimtek dihadiri Kepala BBP2HP, Ir. Rahmah Hayati Samik Ibrahim, MM dan dalam sambutannya berpesan agar para tenant mensyukuri telah lulus seleksi dan berkomitmen untuk mengikuti program Inbis Invapro-KP sampai selesai. Kepala BBP2HP juga mendorong para tenant untuk berjuang bersama-sama dengan Inbis Invapro-KP agar output yang diharapkan dapat tercapai dan pada akhirnya akan meningkatkan usaha.

Materi yang disampaikan pada bimtek yaitu:

  1. Ragam Inovasi BBP2HP oleh Kepala Bidang Uji Terap Teknik P2HP
  2. Akses Permodalan Usaha Sektor Kelautan dan Perikanan oleh Direktorat Usaha & Investasi
  3. Internet Marketing oleh Davit, Rahasia Website Pemula (RWP) Group
  4. Tujuh Langkah Strategi Branding yang Komprehensif” oleh Anto Suroto, Praktisi Branding dan Pelaku Usaha Mitra Industri Kreatif SMESCO
  5. Penyusunan Rencana Bisnis dan Business Model Canvass, pembukuan keuangan, dan laporan monitoring evaluasi perkembangan bisnis oleh tim jabatan fungsional Analis Pasar Hasil Perikanan.

Melalui bimtek Inbis Invapro-KP diharapkan peserta dapat bertambah pengetahuan dan keterampilannya terkait pengelolaan usaha dan pemasaran hasil perikanan, pembukuan keuangan, rencana bisnis, model kanvas, rencana aksi dan pemetaan kebutuhan sehingga dapat menerapkan ragam inovasi BBP2HP, memanfaatkan sarana prasarana, dan memberikan laporan perkembangan usaha secara tepat waktu.

Admin   25 Mei 2018   Dilihat : 430



Artikel Terkait:
Website Security Test