BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN HASIL PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
LSPro-HP BBP2HP Membangun Sinergitas bersama LSPro Daerah

Lembaga Sertifikasi Produk Hasil Perikanan (LSPro-HP) BBP2HP melaksanakan rapat koordinasi yang dilaksanakan pada 8-9 Mei 2018 di Laboratorium BBP2HP. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Rahmah Hayati Samik Ibrahim, selaku Manajer Eksekutif LSPro-HP BBP2HP. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lembaga LSPro dari daerah lainnya yaitu LSPro PPISHP Jakarta, LSPro BPPMHP Cirebon, LSPro BP2MHP Semarang, LSPro PMP2KP Surabaya, LSPro PMP2KP Banyuwangi, LSPro LPPMHP Lampung, LSPro LPPMHP Medan, LSPro BPPMHP Makassar, LSPro LPPMHP Pontianak dan LSPro LPPMHP Serang. Adapun bertindak sebagai narasumber adalah Direktur Pengolahan dan Bina Mutu, Ditjen PDSPKP, Raden Ewang Kurniawan, ST dari Badan Standardisasi Nasional dan Dr. Sunarya dari Spring Institute.

Pada pertemuan tersebut disampaikan oleh narasumber materi terkait Pengembangan dan Penerapan SNI dalam Peningkatan Daya Saing, Issue Penting dalam Aplikasi SNI ISO/IEC 17065:2012, Peraturan Kepala BSN Nomor 2 tahun 2017 tentang Tata Cara Penggunaan Tanda SNI dan Tanda Kesesuaian Berbasis SNI. Selain itu dari hasil diskusi oleh peserta yang hadir terdapat beberapa hal yang disepakati yaitu, semua peserta LSPro yang hadir sepakat untuk membentuk jejaring LSPro bidang hasil perikanan dan menyapakati juga terkait monitoring terhadap bahan baku yang digunakan terutama untuk UKM sangat diperlukan dalam menjamin kualitas bahan baku produk perikanan yang disertifikasi.

Diharapkan dari kegiatan tersebut seluruh peserta LSPro agar diberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam penyusunan petunjuk teknis (Perdirjen) terkait SNI wajib. Selain itu juga peserta mengharapkan dukungan kelembagaan dan prasarana dari Ditjen PDSPKP untuk pelaksanaan dan laboratorium pendukung kegiatan sertifikasi produk.

Admin   22 Mei 2018   Dilihat : 454



Artikel Terkait:
Website Security Test