BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN HASIL PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Lautku Bersih, Makan Ikan Jadi Tenang

Disusun oleh : Dini Nurfianti, S.Pi

 

BBP2HP, Jakarta. Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) dukung pelaksanaan Kampanye Lautku Bersih sekaligus sinergi kegiatan Gemarikan dan GITA LAUT pada Minggu, 13 Mei 2018 di kawasan Car Free Day, Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kepedulian akan kebersihan laut sekaligus menggalakkan masyarakat agar mengkonsumsi ikan.

Angka konsumsi ikan target per tahunnya terus mengalami peningkatan sehingga diperlukan usaha atau kampanye untuk meningkatkan konsumsi masyarakat salah satunya melalui Program Gemarikan. Program ini terus digalakkan terutama mulai dari 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) karena protein pada ikan (dalam 100 gram) sebanyak satu per lima bagiannya mengandung protein dan nilai ini lebih besar jika dibandingkan dengan daging atau protein hewani lainnya. Ironinya, program memasyarakatkan makan ikan terus ditingkatkan namun lautan Indonesia sebagai sumber ikan mendapatkan peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut setelah Tiongkok. Oleh karena itu, KKP melalui Ditjen PDSPKP (Program Gemarikan) dan Ditjen PRL (Program GITA LAUT) bekerjasama dengan International Business Machines (IBM) Indonesia menggelar Kampanye Lautku Bersih. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian akan kebersihan dan kesehatan laut sekaligus menggalakkan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Kampanye dilaksanakan pada Minggu, 13 Mei 2018 di kawasan Car Free Day, Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat dan dibuka oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bapak Nilanto Perbowo. Kampanye bertemakan “Bebas Sampah Plastik, Nelayan Sejahtera, Makan Ikan Sehat, Bangsa Cerdas” dan didukung oleh instansi pemerintah maupun swasta antara lain Pemda DKI Jakarta, Kemenristekdikti, Komando Armada Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar) TNI AL, Persatuan Istri Prajurit TNI AL (Jalasenastri), Jakarta Aquarium, Kowani, dan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI).    

BBP2HP turut berpartisipasi menyemarakkan Kampanye Lautku Bersih melalui kegiatan Penyebarluasan Informasi Hasil Uji Terap dan Pengujian Hasil Perikanan. BBP2HP menampilkan Mobil ATI yang dilengkapi dengan media informasi seperti banner dan menayangkan video teknologi pengolahan dan pengujian hasil perikanan. BBP2HP juga menampilkan beberapa contoh dan alat/mesin hasil inovasi, produk perikanan yang sudah memiliki sertifikat SNI, dan produk UMKM yang telah didampingi oleh Inkubasi Bisnis Inovasi Produk Kelautan dan Perikanan (Inbis Invapro-KP). Untuk menarik minat pengunjung sekaligus meningkatkan konsumsi ikan, BBP2HP membagikan produk untuk diuji rasa berupa keong mas ikan, ekkado ikan, bakso ikan, kekian ikan, tortilla rumput laut, dan biskuit spirulina.

Admin   14 Mei 2018   Dilihat : 481



Artikel Terkait:
Website Security Test