DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Pemberlakuan SIMP oleh AS, KKP Bersama Kedutaan Amerika Serikat dan NOAA Mengadakan Workshop di Jakarta

Pemerintah Amerika Serikat per 31 Desember 2018 akan mulai memberlakukan U.S. Seafood Import Monitoring Program (SIMP) terhadap impor makanan laut yang masuk ke negaranya. SIMP  adalah suatu program persyaratan pelaporan dan pencatatan yang dibutuhkan untuk mencegah hasil tangkap yang berasal dari aktivitas illegal, unreported and unregulated (IUU) memasuki perdagangan Amerika Serikat.  Dengan mensyaratkan keterlusuran produk makanan laut impor, SIMP akan membantu tercapainya perdagangan yang legal untuk nelayan dan produsen makanan laut yang taat hukum. Selain itu juga  akan memberikan perlindungan terhadap ketahanan pangan global dan keberlanjutan dari sumber daya laut. 

 

Tahap pertama program ini telah  diterapkan pada tanggal 1 Januari 2018, dimana importir produk perikanan di Amerika Serikat diharuskan melaporkan data kunci terkait penangkapan dan budidaya untuk komoditas perikanan yang rentan terhadap kegiatan IUU Fishing. Komoditas perikanan yang masuk daftar wajib lapor adalah  albacore, big eye tuna, skipjack tuna, yellowfin tuna, kakap merah, kerapu, udang,  swordfish (ikan pedang), kerang abalone dan teripang baik dalam bentuk segar/dingin, beku, kaleng, kemasan plastik atau lainnya. Aturan ini tidak diberlakukan untuk produk minyak ikan, bubur, saos, stik, bakso, cake, puding, makanan dan produk olahan ikan lainnya yang serupa. Khusus untuk abalone dan udang baru berlaku efektif pada tanggal 31 Desember 2018.

 

Pemerintah Amerika Serikat melalui National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) telah mengeluarkan aturan final  tentang pemberlakuan SIMP tahap kedua tanggal 24 April 2018. Dalam rangka melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan SIMP yang telah diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2018 dan sosialisasi terhadap peraturan SIMP yang akan diberlakukan pada tanggal 31 Desember 2018, maka Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta dan NOAA melaksanakan SIMP Worskhop bagi para pelaku usaha dan pemerintah untuk lebih memahami peraturan yang berlaku di Amerika Serikat.

 

Workshop diselenggarakan selama 2 (dua) hari tanggal 9-10 Agustus 2018 bertempat dikantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta. Workshop melibatkan berbagai stakeholder yang terdiri atas pemerintah pusat (KKP dan instansi kementerian/lembaga terkait), pemerintah daerah, asosiasi perikanan, dan eksportir perikanan ke Amerika Serikat. Melalui workshop ini, diharapkan eksportir dan pemerintah indonesia mendapatkan informasi yang menyeluruh tentang pemberlakuan SIMP serta dapat memberikan rekomendasi atau masukan yang mungkin dapat dipertimbangkan untuk penyempurnaan kriteria yang dipersyaratkan dalam SIMP.

 

Untuk  informasi lebih lanjut seputar U.S. Seafood Import Monitoring Program (SIMP) silahkan mengunjungi portal www.iuufishing.noaa.gov. Adapun  pertanyaan terkait persyaratan SIMP hubungi Kantor Urusan Internasional dan Inspeksi Seafood NOAA Fisheries, Celeste Leroux, Celeste.Leroux@noaa.gov.

 

djpds1   10 Agustus 2018   Dilihat : 70



Artikel Terkait:
Website Security Test