DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Kunjungi Kota Probolinggo, Dirjen PDS Berdialog dengan Pelaku UKM dan Tinjau Pelabuhan Tanjung Tembaga

Probolinggo (18/7). Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) bersama Direktur Pengolahan dan Bina Mutu (PBM) pada Selasa(17/7) melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Probolinggo Jawa Timur. Kunjungan kali ini berbarengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Pengembangan Produk Kelautan dan Perikanan yang bertempat di Rumah Kemasan Kota Probolinggo. Rumah kemasan merupakan bagian dari program penguatan daya saing produk kelautan dan perikanan untuk membantu para UMKM dalam membuat kemasan dan mengemaskan produknya. Layanan yang tersedia berupa konsultasi kemasan, pengemasan produk dan pembuatan desain kemasan.

 

Acara Bimtek yang diikuti  30 orang peserta pengolah UKM, penyuluh, pembina mutu dan staf dinas perikanan yang membidangi pengolahan bertujuan untuk meningkatkan daya saing saing produk kelautan dan perikanan baik melalui diversifikasi maupun kemasan produk. Peserta Bimtek di bekali beberapa pengetahuan dan ketrampilan seputar pengolahan produk perikanan yaitu: kebijakan pengembangan produk, teknologi pengolahan dan diversifikasi produk olahan hasil perikanan dan teknik pengemasan. Selain mendapatkan materi, mereka juga berkesempatan langsung untuk  praktek pengolahan ikan berbasis surimi menjadi hakau, bakso rambutan dan sosis serta praktek pembuatan kemasan produk.

 

Dirjen PDSPKP, Rifky Effendi saat memberikan arahan kepada peserta bimtek pentingnya inovasi dan nilai tambah dalam pengembangan produk dan kemasan produk sehingga produk menjadi lebih berdaya saing di pasaran. “Kreatifitas dapat membuat nilai tambah, cari terus referensi baru tentang kemasan serta apa yang lagi disukai oleh masyarakat”, ujar Rifky. Rifky juga berharap agar pemerintah dan masyarakat Probolinggo dapat membuat satu atau dua produk perikanan dengan ciri khas daerah dan terus dikampanyekan sehingga bisa terkenal di Indonesia dan dunia.

 

Selesai berdialog dengan peserta Bimtek, Dirjen PDSPKP bersama rombongan meninjau sarana prasarana perikanan yang ada di Kawasan Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Tempat yang dilihat adalah sentra pengasapan, pasar ikan tradisional, pabrik es balok dan pabrik ice flake. Diakhir kunjungannya, Dirjen bersama rombongan melihat langsung proses pembongkaran ikan dari kapal.

  

djpds1   18 Juli 2018   Dilihat : 568



Artikel Terkait:
Website Security Test