DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Dirjen PDS Kunjungi SKPT Mimika dan Lakukan Dialog Dengan Masyarakat Mimika

 

Mimika (10/7). Pada 10 Juli 2018, Dirjen PDSPKP melakukan kunjungan ke SKPT Mimika dan berdialog dengan masyarakat Mimika di PPI Paomako Kab. Mimika. Hadir juga, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya – KKP, Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut – KKP, Asisten Daerah 2 Kabupaten Mimika, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Kasubdit Distribusi – KKP, Kepala Bidang Lingkup Dinas Perikanan Mimika, Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Papua, Perwakilan Bappeda Kabupaten Mimika, Perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Kapolsek Mimika Timur, Kepala Pos Pengawas SDKP Mimika, Syahbandar PPI Paomako, Penanggung Jawab PPI Paomako, Pertamina Timika, PLN Timika, Ketua Koperasi MBITI, Ketua Koperasi BIFAR, Koperasi Putri Keakwa Kamoro, Koperasi Tarua Aimaparamo, KUB Segma, KUB Papua Mandiri, KUB Aimapora, dan KUB Cahaya Amamapare. 

Kunjungan dimaksudkan untuk mengecek sarana prasana yang berada SKPT Mimika. Karena adanya aktivitas yang terus meningkat di PPI Paomako sejak tahun 2016, kebutuhan sarana prasarana yang mendukung aktivitas pelabuhan semakin banyak dan beragam. 

Dalam dialog, Dirjen PDS menekankan bahwa pemerintah tetap melarang penggunaan alat penangkap ikan yang tidak ramah lingkungan di perairan Mimika. Pemerintah akan melakukan pendampingan pada pelaku usaha antara lain melalui penyuluh perikanan. Selain itu, pemerintah akan menyediakan akses pasar bagi hasil tangkapan nelayan dengan melibatkan BUMN perikanan dan pelaku usaha lainnya. Bahkan KKP memiliki sekolah-sekolah perikanan, untuk meningkatkan kualitas anak nelayan. Tak kalah penting,  KKP memiliki BLU sektor KP yang dapat memfasilitasi permodalan dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan perbankan

Admin3   12 Juli 2018   Dilihat : 474



Artikel Terkait:
Website Security Test