DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Rangkaian Kunker Dirjen PDS di Palembang, dampingi Komisi IV DPR RI dan tinjau Lokasi Pasar Ikan Modern

 

Kunker Sumsel

 

Palembang (13/04). Komisi IV DPR RI pada hari Kamis (12/4) mengunjungi  Sentra Kuliner Ikan Area Monpera di Kota  Palembang Sumsel. Kunjungan ini merupakan agenda Kunker Komisi IV DPR RI di wilayah Palembang yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi  Edy Prabowo. Pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mendampingi Komisi IV pada kunjungan kali ini adalah Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo dan Direktur Kapal dan Alat Penangkap Ikan Ditjen Perikanan Tangkap, Agus Suherman. Hadir juga pada acara ini Sekda Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar, Pjs. Walikota Palembang Akhmad Najib, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel, Kota Palembang dan Kab. Musi Banyuasin.

 

Pertemuan diawali dengan sambutan dan penyerahan simbolis bantuan KKP TA. 2017 berupa 11 unit kapal 5 GT dan API kepada Koperasi dari Sungsang, 2 unit ice flake machine kepada Koperasi Palembang dan Musi Banyuasin, serta Sentra Kuliner Ikan kepada Pemkot Palembang.  Dirjen PDSPKP yang berkesempatan menyerahkan seluruh bantuan tersebut.

 

Selanjutnya, ditutup dengan dialog antara nelayan dengan narasumber pusat, yakni Ketua Komisi IV DPR RI, Dirjen PDSPKP dan Direktur Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Ditjen Perikanan Tangkap. Banyak pertanyaan dan aspirasi nelayan terkait bantuan kapal fiber, usaha pengolahan terasi dan kemplang udang, bantuan alat pembuat pakan, bahan baku pempek dan pentingnya pembinaan dari penyuluh perikanan.

 

Selesai mendampingi Komisi IV di Sentra Kuliner, Dirjen PDSPKP melanjutkan kunjungannya ke Pasar Jakabaring untuk bertemu dengan pengelola bantuan  KKP berupa ice flake machine TA. 2017 dan pedagang besar ikan. Diperoleh informasi bahwa ikan yang beredar di Pasar Jakabaring sekitar 60% didominasi ikan air tawar seperti patin, gurame. Sekitar 50 – 60 kg patin per hari beredar di pasar ini. Sedangkan perputaran omset perdagangan seluruh jenis ikan di pasar ini mencapai Rp 15 – 20 Milyar per hari.

Dalam kesempatan ini juga, Dirjen PDSPKP dengan didampingi Dinas Perikanan Kota Palembang meninjau calon lokasi pembangunan Pasar Ikan Modern (PIM) Kota Palembang TA. 2018 yang berlokasi di Jl. MP. Mangkunegara. Direncanakan luas bangunan yang akan berdiri sekitar 5.000 m2 di atas lahan pemerintah Kota Palembang seluas 2.5 Ha.

 

djpds1   13 April 2018   Dilihat : 47



Artikel Terkait:
Website Security Test