DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Kunjungan Bersama KKP, BPOM dan Kementerian Perindustrian tinjau Unit Pengolahan Ikan Kaleng di Banyuwangi

 

Banyuwangi 2

Banyuwangi (14/04). Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen PDSPKP KKP dampingi Kepala BPOM dan Kementerian Perindustrian mengunjungi pabrik pengalengan ikan CV. Pacific Harvest yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi. Sebelum melihat proses produksi ikan kaleng, dilakukan pertemuan dengan  Ketua Asosiasi Pengusaha Ikan Kaleng (APIKI), serta beberapa perwakilan dari  Unit Pengolahan Ikan (UPI) ikan kaleng yaitu: PT. Maya Muncar, PT. Gema Ista Raya, PT. Blambangan Good Packer dan CV. Pacific Harvest sendiri yang bertindak sebagai tuan rumah. Pada pertemuan ini seluruh perwakilan dari UPI ikan  kaleng yang hadir berkomitmen melakukan upaya perbaikan produk terutama pada saat seleksi dan proses penanganan bahan baku untuk menghindari adanya parasit cacing pada ikan.

 

Pihak pemerintah pun menjamin aspek keamanan dan mutu produk ikan kaleng,  karena produk yang terkena cemaran cacing sudah ditarik dari peredaran dan dimusnahkan oleh produsennya. BPOM sangat mendukung pertumbuhan usaha pengalengan ikan Indonesia agar bermanfaat bagi masyarakat. 

 

Kemudian, tim yang berkunjung melihat secara langsung proses produksi ikan kaleng yang dilakukan CV. Pasific Harvest, mulai dari tahap penerimaan bahan baku hingga menjadi produk akhir ikan kaleng.  Sebagaimana diketahui  CV. Pacific Harvest saat ini merupakan putaran generasi ke dua dalam menjalankan bisnis ikan kaleng, telah dapat memenuhi permintaan dari 80 negara di dunia (USA,  Eropa,  Timur Tengah,  dll).

 Setelah melakukan tinjauan bersama,  Kepala BPOM menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan produk ikan dalam kaleng karena sudah melewati proses produksi yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku. Pada kesempatan yang sama seluruh anggota tim bersepakat akan mendorong konsumsi ikan untuk masyarakat yang lebih sehat dan cerdas, salah satunya melalui konsumsi produk ikan kaleng.  Di akhir kunjungan, dilakukan makan ikan kaleng bersama, untuk menunjukkan dan meyakinkan kapada masyarakat bahwa ikan kaleng aman dikonsumsi.

Banyuwangi 1

djpds1   14 April 2018   Dilihat : 48



Artikel Terkait:
Website Security Test