DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Jember Siap Operasionalkan Bantuan Integrated Cold Storage Puger

Jakarta (8/3). Dirjen PDSPKP menerima kunjungan kerja Bupati Jember yang didampingi Dandim beserta jajaran Pemda Jember pada Rabu 7 Maret 2018. Bertempat di ruang rapat Pindang Gd. Mina Bahari III lantai 14, kunjungannya diawali penandatanganan BAST Bantuan Pemerintah berupa Bangunan Integrated Cold Storage (ICS) kapasitas 100 Ton beserta Peralatan Pengolahan antara KKP diwakili Dirjen PDSPKP kepada Bupati Jember selaku Kepala Daerah Kabupaten Jember.

ICS dibangun menggunakan APBN Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp 15.222.118.000,- selama 105 hari kalender. Bangunan terletak di Desa Puger Kulon, Kec. Puger tepat di Jalur Lingkar Selatan di atas lahan seluas 5.031 M2, yang dilengkapi Cold Storage kapasitas 50 ton sebanyak 2 unit, ruang pengolahan, ABF kapasitas 2,5 ton sebanyak 2 unit,  IFM 5 ton/hari, ruang karyawan,  IPAL,  Water Treatment,  mini laboratorium, musholla,  ruang kantor. ICS juga dilengkapi dengan peralatan pengolahan (coolbox, meja stainless steel, pallet stainless steel, gravity roller stainless steel, pan pembekuan, keranjang, timbangan, high pressure washer, pakaian kerja pengolah, strapping band machine, metal detector dan lain-lain) serta peralatan penunjang operasional perkantoran senilai Rp. 1.171.144.678,-.

Menurut ibu Bupati Jember dr. Hj. Faida, 60% Produksi hasil tangkapan nelayan Puger selama ini lari ke Banyuwangi sebagai bahan baku pengalengan, disamping untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan penduduk setempat. Dengan adanya ICS diharapkan akan memberi nilai tambah kepada masyarakat nelayan, pengolah dan pemasar. Apalagi cuaca, kondisi alam dan geografis Jember menyebabkan waktu melaut nelayan hanya 5 bulan saja dalam setahun. Sehingga masa tidak melaut yang cukup panjang tersebut menimbulkan masalah dan kerawanan sosial tersendiri. Bahkan pemda terpaksa harus memberikan bantuan beras kepada nelayan.

Diperkirakan ICS Jember akan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 125 orang dan dapat dipastikan akan menumbuh kembangkan tempat kos, warung makan serta transportasi dari dan menuju ICS. dr. Hj. Faida akan memastikan bahwa dalam operasionalisasi ICS tersebut hendaknya pengelola dapat mematuhi beberapa hal seperti perekrutan tenaga kerja dari tenaga setempat dibuktikan dengan kepemilikan KTP, ICS juga harus bisa menjadi tempat edukasi bagi pelajar dan mahasiswa selain center of business, memanfaatkan dana CSR untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember. Mengingat semua sarana prasarana ICS sudah lengkap, Pemda Jember akan segera melakukan lelang calon operator yang menurut juknisnya dapat diikuti oleh koperasi,  BUMD atau BUMN.

djpds1   09 Maret 2018   Dilihat : 904



Artikel Terkait:
Website Security Test