BALAI RISET PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR DAN PENYULUHAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
BRPBATPP menobatkan Yuke Sampurna DEWA 19 sebagai Duta Ikan Dewa atau Tor soro

Menjadi ikan adat persembahan bagi para bangsawan dan raja di Sumatera Utara di masa lalu,tak lantas menbuat ikan tor soro (ikan dewa) menjadi populer. Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) Bogor bahkan harus menggaet bassist “DEWA 19” Yuke Sampurna, untuk membuat ikan dewa dikenal masyarakat luas.

Di beberapa daerah, ikan ini memiliki potensi ekonomi yang tinggi sebagai tangkapan hasil alam. Beberapa daerah tersebut yakni Kalimantan, Aceh, Danau Toba, Subang, Sumedang dan daerah lainnya. Untuk itu Kepala BRPBATPP Prof. Dr. Ir Brata Pantjara, MP., menganggap perlu dilakukan pengenalan kepada masyarakat.

Jenis ikan ini sudah menjadi ikan budidaya hasil domestikasi sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No.66 Tahun 2011, sebagai upaya menambah jenis ikan budidaya bernilai ekonomis tinggi dan konservasi eks-situ dari ancaman kepunahan akibat eksploitasi penagkapan berlebih.

Sebenarnya ikan ini sudah lama dikembangkan, hanya sebatas tradisional. Kebetulan kami BRPBATPP Bogor sudah bisa mengembangkan ikan dewa ini. Bahkan sudah disebarkan di beberapa lokasi yang ada di Jawa Barat, papar Kepala BRPBATPP usai menobatkan Yuke sebagai duta ikan dewa di kantor BRPBATPP Bogor. BRPBATPP sengaja  sengaja memilih Yuke yang merupakan bassist DEWA 19 lantara ada kesamaan brand dengan ikan yang rencananya akan dipopulerkan. Kebetulan Yuke tertarik dengan budidaya ikan dewa, kedua yuke bassist DEWA 19 dan yang kita promosikan ini adalah ikan dewa. Jadi ada kesamaan brand. Harapannya lebih mudah memasarkan ikan dewa kedepannya, menurut Kepala BRPBATPP.

Kepala BRPBATPP juga berencana mengundang para selebriti tanah air lainnya untuk lebih peduli pada upaya konservasi kekayaan sumberdaya genetik Indonesia. Tak hanya itu, upaya tersebut dilakukan untuk meningktakan kesejahteraan rakyat memlului usaha budidaya. Di tempat yang sama, Yuke merasa bangga, sebagai generasi muda bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat lain diluar bidang musik. “Saya merasa sudah waktunya generasi muda seperti saya, anak band yang pernah berkiprah musik, membantu dibidang yang buka musik. Seperti budidaya ikan dewa ini, kan jarang sekali ucapnya.

Yuke mengaku siap menyosialisasikan ikan dewa ke segala penjuru Indonesia, sehingga bisa dikenal masyarakat luas. Menurutnya, ketika tingkat kepopulerannya sudah cukup bagus, maka kemungkinan kuota ikan tersebut akan mencukupi untuk kebutuhan ekspor. “Kebutuhan sekarang sudah bisa dikembangbiakan, bisa dikonsumsi”.

Admin BRPBATPP   10 Juli 2018   Dilihat : 420



Artikel Terkait:
Website Security Test