BALAI RISET PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR DAN PENYULUHAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
BRPBATPP menebar 4.000 ekor benih Ikan Dewa atau tor soro di Situ Cisamping Batukaras Pangandaran

Empat ribu ekor benih Ikan dewa atau tor soro dari Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) Bogor, ditebar di Objek Wisata Situ Cisamping Batukaras, Pangandaran. 

Penebaran ikan dilakukan bersama Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran,Jumat (6/7/2018). Kepala Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Bogor, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Prof. Dr. Brata Pantjara,MP mengatakan, tor soro merupakan salah satu jenis ikan yang ke depannya mempunyai nilai ekonomi tinggi."Ikan yang oleh sebagian masyarakat dikeramatkan dan harus dibudidayakan," ujarnya. Kepala BRPBATPP menuturkan, ikan tersebut asli dari indonesia yang hampir punah dan sudah bisa dipijakkan oleh peneliti di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan di Bogor. Ikan ini memang sudah hampir punah, namun dengan adanya penebaran ikan di Situ Cisamping. Harapan kami, ikan ini bisa berkembang, tutur Kepala BRPBATPP.

Prof. Dr. Ir. Brata Pantjara, MP menambahkan, untuk pengembangan ikan tersebut, pihaknya telah memberikan ke 12 kabupaten di Jabar. Hasil beberapa peneliti secara visual di Situ (Cisamping) ini masih bisa untuk pengembangan ikan tor.""Empat ribu ekor benih langsung ditebar. Sementara dua ribu ekor dengan ukuran lebih kecil untuk dibudidayakan masyarakat yang sebelumnya telah mendapatkan penyuluhan cara membudidayakan ikan dewa atau tor soro.

Admin BRPBATPP   10 Juli 2018   Dilihat : 424



Artikel Terkait:
Website Security Test