BALAI PELATIHAN DAN PENYULUHAN PERIKANAN BITUNG
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Pengoperasian Alat Tangkap Gill Net di Kabupaten Minahasa Selatan

BPPP Bitung Mendampingi 30 Nelayan dalam

Pengoperasian Alat Tangkap Gill Net

di Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara

Tanggal, 25 s.d 30 Juni 2018

 

Kabupaten Minahasa Selatan atau yang biasa disingkat Minsel merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara dengan Ibukota Amurang. Jarak dari Amurang ke Manado ± 64 km. Secara geografis, Kabupaten Minahasa Selatan terletak antara 0°,47’-1°,24’ Lintang Utara dan 124°,18’-124°45’ Bujur Timur. Sedangkan secara administratif terletak di sebelah Selatan Kabupaten Minahasa, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

  • Utara : Berbatasan dengan Kabupaten Minahasa.
  • Timur : Berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Tenggara.
  • Selatan : Berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
  • Barat : Berbatasan dengan Laut Sulawesi

Pelatihan ini disambut baik oleh Pemerintah Kab. Minahasa Selatan yang diawali dengan pembukaan yang dihadiri Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Penyuluh Perikanan dan calon peserta pelatihan  yang dilaksanakan di kantor penyuluh perikanan Kabupaten Minahasa Selatan. Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minahasa Selatan Bapak Ir. Max Heybert Weken. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPPP Bitung yang telah mengalokasikan kegiatan pelatihan guna peningkatan SDM yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. Oleh karena itu pelatihan ini diharapkan dapat memberikan transfer pengetahuan dari tidak bisa menjadi bisa, dan hasil pelatihan tidak berhenti dengan selesainya pelatihan, tapi harus dapat dipraktekkan  untuk menjadi usaha  sehingga pelatihan ini dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga,

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan penutupan oleh ketua panitia ibu Sri Widiyanti, S.Pi., dengan harapan mudah-mudahan ilmu yang diberikan oleh para instruktur dapat diserap dengan baik yang nantinya dapat  di aplikasikan dalam kehidupan sehari, dan mudah-mudahan kegiatan pelatihan ini dapat berkelanjutan sehingga ada manfaat yang dapat di terima dari kegiatan ini oleh masyarakat nelayan guna untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan potensi perikanan di Kab. Minahasa Selatan.

Pelatihan Pengoperasian Alat Tangkap Gill Net Mendukung Program Pendampingan Bantuan di Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara ini berlangsung selama 6 (enam) hari kalender dari tanggal 25 s.d 30 Juni 2018 yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta yang berasal dari Kabupaten Minahasa Selatan.

Kelulusan peserta pelatihan ditentukan oleh faktor-faktor, yaitu : kehadiran peserta yang harus memenuhi 100%, pengamatan harian yang meliputi keaktifan, kerjasama dan prakarsa peserta selama mengikuti pelatihan serta hasil tes akhir yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian keterampilan akhir setiap peserta pelatihan dalam menerima materi dari pelatih.

Berdasarkan pengamatan dan evaluasi, dari jumlah peserta sebanyak 30 orang dinyatakan lulus sebanyak 30 orang. Bagi peserta yang lulus berhak memperoleh Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Jakarta. 

 

 

Admin BP3 Bitung   06 Juli 2018   Dilihat : 405



Artikel Terkait:
Website Security Test