BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Penutupan Diklat Latsar CPNS Golongan II Angkatan 1 dan Angkatan 2

'BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM''

Assalamu'alaikum Wr.Wb

 

Yang saya hormati :

  1. Kepala Balai Diklat Aparatur Sukamandi
  2. Pejabat Struktural dan Widyaiswara
  3. Peserta pelatihan dasar CPNS Golongan II
  4. Hadiri Sekalian yang berbahagia

       Pada kesempatam yang baik ini, marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena rahmat dan karunianyalah pada hari ini, kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga dapat menghadiri dan melaksakan acara Penutupa pelitahan dasar CPNS Golongan II.

       Shalawat dan salam kita sanjungkan keharibaan Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa ummat manusia dari alam kebodohan menuju alam yang berilmu pengetahuan, seterusnya kepada keluarga dan sahabat beliau sekalian.

       Sejalan dengan telah ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) dan merujuk pasal 63 ayat (3) dan ayat (4) UU ASN dan peraturan pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PP Manajemen PNS), maka CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksakan melalui proses Diklat Terintegrasi (Pelatihan Prajabatan) Untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Atas dasar itu, diperlukan sebuah penyelenggaraan pelatihan prajabatan yang inovatif dan terintegrasi, yaitu penyelenggaraan pelatihan yang memadukan pembelajaran klasikal dan non klasikal ditempat pelatihan dan tempat kerja. Pelatihan Dasar Calon CPNS Golongan II diselenggarakan untuk membentuk PNS Profesional yang berkarakter yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayanan masyarakat.

       Hari ini para peserta diklat telah menyelesaikan bagian akhir dari pendidikan dan pelatihan yang sangat penting artinya dalam rangka menyiapkan pengembangan diri selaku Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Oleh karen itu dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan selamat kepada peserta semua, saya yakin dengan pembekalan yang diperoleh dalam pendidikan dan pelatihan ini dapat memberikan wawasan dan cakrawala berfikir yang jernih bagi saudara dalam menjalankan tugas dikemudian hari.

      Perlu dipahami bersama bahwa Latsar CPNS adalah pelatihan yang mengintegrasikan dua kompetensi inti. Pertama, kompetensi yang berkaitan denga nilai-nilai dasar CPNS yang menyangkut akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi,kompetensi bidang yang terdiri dari tugas-tugas pokok Pegawai Negeri Sipil.

Admin Balai Diklat Aparatur   05 Juli 2018   Dilihat : 455



Artikel Terkait:
Website Security Test