BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
BRSDM Selenggarakan Rapat Koordinasi Penyuluhan KP serta Monitoring dan Evaluasi Terpadu Lingkup BRSDM Tahun 2018

Sambutan Ses BRSDM Rakorluh Monev Terpadu

Ambon – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyuluhan KP serta Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terpadu Lingkup BRSDM Tahun 2018, di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris BRSDM Maman Hermawan, mewakili Kepala BRSDM, pada tanggal 1 Agustus 2018.Rakorluh KP dan Monev merupakan kegiatan terpadu tahunan BRSDM dalam upaya peningkatan sinergi tata kelola penyuluhan KP dan mengawal penyelenggaraan program serta kegiatan perikanan dan kelautan untuk lebih berhasil secara optimal, efisien dan efektif.

Dalam arahannya, Maman Hermawan kembali mengingatkan perihal arahan Presiden Jokowi
pada sidang kabinet paripurna tanggal 12 Februari 2018, yang menyampaikan bahwa fokus pembangunan pada Tahun 2019 adalah pembangunan Sumber Daya Manusia. Sehingga setiap kementerian harus mulai merancang apa yang akan dikerjakan dalam kerja besar pembangunan sumber daya manusia.

“Penyuluh merupakan bagian penting dari pembangunan SDM. Karenanya, penyuluh perikanan harus menjadi agent of change (agen perubahan) dan agent of empowerment (agen pemberdayaan) yang bekerja profesional,” tegas Maman Hermawan.

Selain itu, penyuluh perikanan juga memiliki peran strategis dalam mensukseskan program-program BRSDM. Rakorluh sendiri bertujuan untuk mensinergikan penyelenggaraan penyuluhan perikanan di tingkat pusat, satminkal, dan daerah kabupaten/kota, dan memberikan pengayaan dalam pembinaan kinerja penyuluh perikanan. Dalam rangka tata kelola penyuluhan perikanan yang baik, maka diperlukan masukan dan umpan balik dari Pemerintah Daerah, salah satunya melalui pelaksanaan Rapat Koordinasi Penyuluhan Perikanan (Rakorluh) KP.

Tata kelola penyuluhan perikanan yang perlu dilakukan yakni penataan dan pemetaan kompetensi Penyuluh Perikanan melalui asesmen Penyuluh Perikanan PNS; menjadikan penyuluh perikanan menjadi jabatan profesional, hingga melakukan pemutakhiran dan validasi data penyuluhan kelautan dan perikanan berbasis aplikasi SIMLUH KP.

Terkait dengan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terpadu Lingkup BRSDM, kegiatan ini terselenggara guna meningkatkan integrasi secara sinergis dari seluruh unit untuk mencapai kinerja yang optimal. Monev terselenggara di 3 zona dan pada kesempatan ini, monev terpadu untuk Zona Indonesia Timur diselenggarakan di Ambon.

Pelaksanaan monev terpadu pada kali ini bertujuan untuk melakukan monitoring, super visi dan pengendalian terhadap pelaksanaan program/kegiatan riset dan SDM KP tahun anggaran 2018, mengevaluasi hasil pelaksanaan program/kegiatan tahun sebelumnya khususnya berkaitan dengan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan, mengidentifikasi dan mengiventarisasi permasalahan yang timbul serta memberikan solusi upaya pemecahannya, serta reviu road map dan rencana aksiprogramriset dan SDM KP tahun 2019-2024.

“Saya berharap kegiatan Rakorluh dan Monev Terpadu ini dapat berjalan dengan produktif dan interaktif melalui diskusi yang dalam dan tajam serta berkualitas. Momentum pertemuan seperti ini harus dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu Penyuluh dan Satker Unit Pelaksana Teknis lingkup BRSDM untuk menanyakan, mengklarifikasi serta menggali informasi lebih banyak kepada wakil-wakil dari unit kerja eselon II lingkup BRSDM KP yang sudah hadir saat ini,” tutur Maman Hermawan.

Dalam kesempatan tersebut, Maman juga menyampaikan bahwa di tahun 2018 ini, BRSDM mencanangkan #BRSDMsatu, sebagai semangat baru, harapan perubahan, bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka akselerasi penyelenggaraan program riset dan SDM. Kolaborasi kegiatan riset dan pengembangan SDM yang saling terajut, menguatkan satu sama lain melalui serangkaian kegiatan riset yang inovatif, SDM yang kompeten sehingga diujungnya dapat mewujudkan kesejahteraan khususnya masyarakat kelautan dan perikanan, dengan tagline “Satu Kata, Satu Rasa, Satu Kerja, Satu Karya”

Rapat Koordinasi Penyuluhan KP serta Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terpadu Lingkup BRSDM Tahun 2018, terselenggara pada tanggal 1-2 Agustus 2018. Kegiatan ini turut dihadiri Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian perangkat Daerah Makmur Marbun; Kepala Dinas Kabupaten/Kota Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat; Kepala BPPP Tegal, Moch. Muchlisin; Kepala BRPBAP3 Maros Andi Ahmad Mustafa; Direktur Politeknik KP Sorong, Direktur Politeknik KP Bitung, Direktur Politeknik KP Bone, Kordinator penyuluh perikanan PNS di Kabupaten/Kota Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, serta pejabat lingkup BRSDM lainnya.(ALP)

Harjuno Sistiyanto   01 Agustus 2018   Dilihat : 71



Artikel Terkait:
Website Security Test