BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Rapat Kerja Teknis Pendidikan Kelautan dan Perikanan Tahun 2018, Kepala BRSDM Dorong Lulusan Pendidikan Mampu Menjawab Tantangan KKP

Arahan Kabadan Rakernis Pusdik

Karawang : Dalam rangka pemantapan pelaksanaan kegiatan tahun 2018 dan penyusunan rencana kerja kegiatan tahun 2019, Pusat Pendidikan (Pusdik) KP beserta Unit Kerja Teknis Lingkup Pusdik KP menyelenggarakan ‘Rapat Kerja Teknis Pendidikan Kelautan dan Perikanan Tahun 2018’, pada tanggal 23 – 25 Mei 2018, bertempat di Politeknik KP Karawang.

Tema Rapat Kerja Teknis Pendidikan Kelautan dan Perikanan Tahun 2018 yaitu “Mewujudkan Lulusan Pendidikan Kelautan dan Perikanan yang Kompeten, Inovatif dan Mandiri” dalam menyongsong Era Revolusi Industri 4.0.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja memberikan arahan sekaligus membuka Rapat Kerja Teknis Pendidikan Kelautan dan Perikanan Tahun 2018.

Dalam arahannya, Sjarief kembali mengingatkan perihal arahan Presiden Joko Widodo pada konsep Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Hal ini dapat diwujudkan melalui pembangunan kembali budaya maritim Indonesia; menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut dengan menempatkan nelayan pada pilar utama; memberi prioritas pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, deep sea port, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim.

Selain itu, dapat diwujudkan dengan menerapkan diplomasi maritim, melalui usulan peningkatan kerja sama di bidang maritim; serta upaya menangani sumber konflik dan membangun kekuatan maritim sebagai bentuk tanggung jawab menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim.

“Dalam perwujudan tiga Pilar KKP, yakni kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan, kita memiliki tantangan besar dalam hal kesejahteraan. Di mana hal tersebut merupakan PR besar BRSDM. Pasalnya kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan masih banyak termarginalkan. Sumber daya manusia KKP harus maju dan berani. Lulusan kita, di satuan pendidikan KP harus jadi wirausaha yang suskses. Kita buka paradigma baru, kita siapkan kampus kita untuk hadapi tantangan kedepan.,’’ tegas Sjarief.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Bambang Suprakto, menyampaikan bahwa Pusdik KP perlu melakukan akselerasi dan pemantapan pelaksanaan kegiatan dan anggaran tahun 2018 sebagai kegiatan prioritas nasional agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Saat ini kita juga telah dihadapkan dengan penyusunan kegiatan dan anggaran tahun 2019. Selain itu kita perlu melakukan respon terhadap isu-isu strategis seperti pengelolaan satuan pendidikan menengah/kejuruan sebagai kewenangan pemerintah provinsi dan Revolusi Industri 4.0 berjalan secara eksponensial,” papar Bambang.

Rapat kerja teknis pendidikan KP terlaksana guna memantapkan pelaksanaan kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan Tahun 2018 dan merumuskan kebijakan dan strategi pencapaian target kinerja pendidikan kelautan dan perikanan Tahun 2019.

Melalui rapat ini, diharapkan terciptanya rekomendasi langkah-langkah strategis dalam memantapkan pelaksanaan kegiatan tahun 2018, rumusan kebijakan penyelenggaraan praktek Teaching Factory (Tefa) dan kewirausahaan, serta rumusan kebijakan dan strategi rencana kinerja pendidikan kelautan dan perikanan tahun 2019.

Turut hadir pada Rakernis Pusdik Tahun 2018 ini, Sekretaris BRSDM, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Rektor Universitas Singaperbangsa, Direktur Politeknik Bandung, Kepala BNN, para Kepala Satuan Pendidikan/Satker lingkup Pusdik KP, serta para Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Pusdik KP dan didukung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang.

Harjuno Sistiyanto   23 Mei 2018   Dilihat : 144



Artikel Terkait:
Website Security Test