BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN

Kilas Berita  
Kuartal I 2018, NTT Ekspor 115,3 Ton Ikan Kering ke Timor Leste

Kupang - Produk ikan kering asal Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin diminati Timor Leste. Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kupang mencatat, Kuartal I (Januari - Juni) 2018 ekspor ikan kering NTT ke negara tetangga itu menyentuh angka 115,3 ton.

 

"Sejauh ini Timor Leste merupakan satu-satunya negara tujuan ekspor ikan kering. Jumlah yang diekspor selama enam bulan pertama di 2018 mencapai sekitar 115,3 ton," ungkap Kepala SKIPM Kupang Jimmy Elwaren di Kupang, Selasa (10/7).

 

Menurutnya, permintaan ikan kering dari Timor Leste selalu ada setiap bulannya. Tahun ini misalnya Januari sebanyak 17 ton, Februari 12,3 ton, Maret 13 ton, April 28,1 ton, Mei 15,9 ton, dan pada Juni sebanyak 29 ton. Untuk memenuhi permintaan, poduk ikan kering ini dipasok daei berbagai daerah di NTT serta tambahan dari Kalimantan.

 

Jimmy berpendapat, aktivitas ekspor ke Timor Leste relatif lebih mudah karena menggunakan jalur darat melewati pos lintas batas negara, terutama Motaain di Kabupaten Belu.

 

Sementara ekspor ke negara tujuan lain seperti Jepang, Thailand, Malaysia, Australia, dan lainnya pada umumnya menggunakan jalur laut dengan transit di Surabaya, Jawa Timur.

 

"Komoditas perikanan yang diekspor ke Timor Leste langsung diangkut dengan truk kontainer dari Kupang, dan sebelum masuk ke sana diperiksa kembali petugas KIPM di perbatasan," jelasnya.

 

Tak hanya ikan kering, NTT juga mengekspor beberapa komoditas perikanan lainnya ke Timor Leste seperti ikan tenggiri beku, anggoli beku, kerapu beku, lele, dan lainnya. Namun tetap permintaan atas komoditas ikan kering selalu menjadi yang dominan.

Berdasarkan data SKIPM Kupang, jumlah ekspor komoditas ikan kering NTT ke Timor Leste pada tahun 2017 mencapai 240,9 ton, dengan nilai lebih dari USD759.000. Adapun pada 2016 lalu, angkanya mencapai 256,4 ton dengan nilai lebih dari USD683.000.

BKIPM   11 Juli 2018   Dilihat : 480



Artikel Terkait:
Website Security Test