BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN

Kilas Berita  
Pemerintah Kaji Persyaratan Pengiriman Produk Udang Beku Ke Australia

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) menyambut baik rencana masuknya produk olahan udang Indonesia, utamanya produk udang breaded, battered, dan crumbed (udang BBC) ke Australia.

Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan BKIPM, Teguh Samudro menjelaskan, sebelum produk udang BBC dikirim ke Australia, pemerintah akan menentukan  persyaratan mengenai produk udang BBC, seperti kualitas dan mutunya. Hal ini tentunya meminimalisir, ditolaknya produk udang BBC ke negeri Kanguru tersebut.

“Beberapa waktu lalu, kami bersama pemerintah Australia sudah memutuskan beberapa persyaratan biosecurity,” ujarnya dalam Rapat Pembahasan Persyaratan Pemasukkan Udang BBC ke Australia yang digelar di Gedung Mina Bahari II, Kantor KKP, pada Kamis (7/6).

Adapun persyaratan udang BBC yang harus diikuti adalah, produk udang BBC tersebut telah melalui proses, inspeksi, dan telah dipilih sesuai ukurannya (graded) pada Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang telah di- approve dan di bawah kontrol Competent Authority (CA). Selain itu, udang harus bebas dari gejala klinis semua penyakit infektius sebelum dilakukan coating.

“Udang BBC telah dilakukan tahapan par-cooking yang meliputi aplikasi pemanasan (sebagai contoh pre-frying dan baking ) untuk meyakinkan lapisan telah menjadi padat  dan sepenuhnya melekat ketika beku maupun pada saat dicairkan,” lanjut Teguh.

Produk udang BBC merupakan komoditas udang yang telah dibuang kulit dan kepalanya (segmen terakhir dan ekor diperbolehkan) untuk kepentingan konsumsi manusia yang telah dilapisi tepung roti (remahan) atau dilumuri tepung dan telah mengalami proses par-cooking selama proses produksi. Par-cooking adalah tahapan produksi yang meliputi aplikasi pemanasan (sebagai contoh pre-frying dan baking_ ) untuk meyakinkan lapisan telah menjadi padat  dan sepenuhnya melekat ketika beku maupun pada saat dicairkan.

Rencana masuknya produk udang BBC Indonesia ke Australia, dimulai dengan adanya komunikasi antara Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan BKIPM, Teguh Samudro dengan Dr Carol Sheridan. Dalam komunikasi tersebut, dibahas mengenai rencana kunjungan The Australian Government Departement of Agriculture and Water Resources (DAWR) atau Departemen Pertanian dan Sumber Daya Air Australia, dan diputuskan untuk menggelar kegiatan Familisation DAWR yang akan dilaksanakan pada 2 hingga 6 Juli 2018 mendatang. Kegiatan tersebut membuka peluang Indonesia untuk memperlihatkan produk udang BBC terbaik kepada pemerintah Australia.

Kegiatan Familisation DAWR, akan dilanjutkan dengan pengiriman beberapa produk udang BBC akan dikirim sebagai sampel dan dipastikan sudah memegang sertifikat, untuk kategori cooked, uncooked, dan uncooked highly processed. Pengiriman sampel tersebut rencananya akan dilakukan pada 28 September 2018.

BKIPM   08 Juni 2018   Dilihat : 187



Artikel Terkait:
Website Security Test