BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN

Kilas Berita  
Cegah Bahaya Parasit, SKIPM Baubau Lakukan Uji Laboratorium Ikan Layang


Baubau – Guna mencegah bahaya parasit pada ikan, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Baubau, Sulawesi Tenggara melakukan uji laboratorium terhadap jenis ikan layang. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya, masyarakat menemukan parasit berbahaya atau bakteri pada ikan layang yang dikhawatirkan dapat menyebabkan peradangan usus dan alergi bagi yang mengonsumsinya.

Kepala SKIPM Baubau Arsal mengungkapkan, pada dasarnya penemuan parasit atau bakteri pada ikan adalah hal lazim, baik pada ikan air tawar mmaupun ikan air laut. Meskipun demikian, pihaknya akan tetap melakukan uji laboratorium untuk memastikan ikan-ikan tersebut aman dikonsumsi.

“Kepastian bahaya atau tidaknya parasite tersebut, nanti diketahui setelah dilakukan uji sampel laboratorium. Tapi pada dasarnya, masyarakat Kota Baubau sebelum mengonsumsi ikan terlebih dahulu dimasak, sehingga otomatis parasit yang terkandung dalam ikan mati,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tak terlalu resah dan khawatir dengan temuan parasit dalam ikan tersebut. “Ketika ikan dimasak pada suhu 50 derajat celcius, parasit yang terdapat pada daging ikan bisa mati,” lanjutnya.

Ia menambahkan, hal penting lain yang perlu dilakukan untuk mencegah bahaya yang mungkin terjadi ketika mengonsumsi ikan adalah memastikan ikan dicuci bersih sebelum dimasak.

BKIPM   06 Juni 2018   Dilihat : 71



Artikel Terkait:
Website Security Test