BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN

Kilas Berita  
Dalam Sepekan, Penyelundupan 62.000 Benih Lobster Berhasil Digagalkan

 

 

Banyuwangi – Pemerintah kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster sejumlah 19.800 ekor atau setara dengan Rp2,9 miliar. Benih lobster tersebut berhasil diamankan dalam sebuah jok mobil, saat akan dikirimkan ke luar negeri.

Penanggung Jawab dari pihak BKIPM Surabaya 1 Wilayah Kerja Ketapang, Banyuwangi yang hadir saat itu, Indah Praptiasih menyebut, ini merupakan kali ketiga dalam kurun waktu seminggu, pemerintah berhasil melakukan penyelamatan Sumber Daya Ikan (SDI) berupa benih lobster dengan total keseluruhan 19.800, yang dilakukan oleh Kepolisian Resort Banyuwangi bersama Petugas BKIPM Surabaya Wilker Banyuwangi.

Adapun nilai kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp2,9 miliar. “Sehingga total SDI benih lobster dalam 3 kali penyelamatan 62.000 ekor dengan estimasi nilai 9,3 miliar,” ujar Indah dalam gelaran konferensi di Banyuwangi pada Senin (14/5).

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengungkapkan, pihaknya telah membekuk dua tersangka di kawasan Blokagung Kecamatan Tegalsari. Mereka adalah Heri Herwanto (36) dan Witono (45), yang merupakan warga Kecamatan Pesanggaran.

“Kita tangkap di Tegalsari. Ini kerjasama masyarakat, aparat kepolisian juga BKIPM Surabaya 1 wilayah kerja Banyuwangi” ungkap Donny.
Kedua pelaku mencoba mengelabui petugas saat melintasi kawasan Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Berdasarkan pengakuan yang diterima, mereka akan akan membawa benih lobster tersebut menuju rest area tol sebagai titik pertemuan yang kemudian akan dibawa ke Bandara Juanda Surabaya untuk dikirimkan ke luar negeri. Benih lobster jenis pasir itu diletakkan di sela-sela jok mobil dengan dilapisi plastik dan styrofoam. Kemudian, penangkapan dilakukan setelah pihak kepolisian menerima laporan dari masyarakat, yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan dan penyidikan.

“Kami temukan ada benur atau benih lobster sejumlah kurang lebih 19.800-an ekor yang akan dibawa ke rest area tol arah Surabaya,” tuturnya.

Adapun sejumlah negara menjadi tujuan penyelundupan benih lobster itu, diantaranya di Singapura, Vietnam dan Thailand.

Saat ini kedua pelaku diamankan di Mapolres Banyuwangi untuk menjalani pemeriksaan intensif. Mereka dijerat UU tentang perikanan dan kelautan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp1,5 miliar.

Pada hari yang sama, 19.800 benih lobster yang berhasil diselamatkan, telah dilepasliarkan di Zona Perlindungan Bangsring Underwater (BUNDER) Banyuwangi bersama anggota Polres Banyuwangi dan Pengelola BUNDER.

 

 

bkipm1   15 Mei 2018   Dilihat : 60



Artikel Terkait:
Website Security Test