BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN

Kilas Berita  
SKIPM Padang Lakukan Aksi Bersih Pantai dan Pelepasliaran Anak Penyu

Padang – Dalam rangka penyelenggaraan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Padang menggelar aksi sosial bersih pantai di kawasan wisata Pantai Pasir Jambak, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (14/4). Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap kebersihan laut yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan orang yang tak hanya jajaran SKIPM Padang, tetapi juga berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) KKP lainnya yang ada di Padang serta masyarakat sekitar. Beberapa pihak yang ikut aksi di antaranya Balai Pengelolaan Sumber Daya dan Pesisir Laut, Loka Riset KKP, Dinas Kelautan Perikanan Sumbar, Putra-putri Bahari, dan mahasiswa pelayaran Pariaman.

“Sampah plastik ini akan sulit terurai dan butuh ratusan tahun untuk hancur. Jadi kalau masuk ke laut, akan sangat mengganggu kehidupan biota laut,” ungkap Kepala SKIPM Padang Rudi Barmara.

Ia juga mengungkapkan sebelum aksi bersih pantai, rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karantina dan Mutu ini juga diawali dengan pelepasliaran tukik (anak penyu). Menurutnya, ratusan tukik tersebut adalah hasil penangkaran rumah konservasi penyu mandiri di Pasir Jambak.

“Penyu itu cenderung kembali ke lokasi tempat dia dilepas. Tapi dia enggan kembali jika pantai asalnya kotor. Penyu ini kan satwa langka yang sangat sensitif, tak mau mendarat apabila pantai kumuh, maka kita lakukan bersih-bersih pantai, supaya kelak mereka kembali lagi,” jelas Rudi.

Sepekan sebelumnya, dalam rangkaian Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2018, SKIPM Padang juga telah melaksanakan bakti sosial donor darah dan pelatihan (coaching clinic) memilih ikan segar dan bebas formalin di GOR Haji Agus Salim Padang. Dalam waktu dekat, kegiatan serupa juga akan digelar di salah satu pasar tradisional.

“Masih ada agenda kita untuk Goes to Market. Memberikan informasi tentang cara memilih ikan segar, sekaligus menyosialisasikan ke pedagang agar tidak menempuh cara curang dalam menjual ikan. Sebenarnya di Padang secara umum, ikan yang dijual di pasaran aman konsumsi kok, tapi tetap perlu sosialisasi,” ungkap Rudi.

Adapun Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan dan laut harus terus digencarkan agar kawasan perairan laut. “Jika kawasan pantai dan pulau terawat, maka wisatawan akan merasa nyaman berkunjung. Hal ini tentu berdampak positif pula terhadap kunjungan wisata,” tutur Yosmeri pada kesempatan yang sama.

Tak hanya aksi bersih laut, Yosmeri turut mengapresiasi kegiatan pelepasan tukik sebagai hewan yang dilindungi. Menurutnya, pemerintah daerah juga sering melakukan kegiatan yang sama yaitu menyelamatkan telur-telur penyu dan melepaskannya ke luat segera setelah menetas.

BKIPM   14 April 2018   Dilihat : 82



Artikel Terkait:
Website Security Test