KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
REPUBLIK INDONESIA

Kilas Berita  
Menteri Susi Pudjiastuti Ramaikan Pada Penerbangan Khusus ”KARTINI FLIGHT” Garuda Indonesia

Cengkareng, 21 April 2018 - Maskapai nasional Garuda Indonesia mengadakan penerbangan khusus "Kartini Flight" sebagai upaya memeriahkan semangat Hari Kartini dengan melibatkan awak kabin, petugas darat dan pilot yang semuanya merupakan perempuan hebat yang dimiliki Garuda Indonesia Group.

Keistimewaan lainnya dari penerbangan khusus Kartini Flight ini adalah ikut sertanya Menteri Perikanan & Kelautan RI, Susi Pudjiastuti dan rombongan pada rute penerbangan Jakarta – Jogja. Selain itu, dua direksi perempuan Garuda Indonesia, masing-masing Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, Sari Suharso dan Direktur Niaga Domestik, Nina Sulistyowati beserta beberapa direksi wanita BUMN lainnya juga ikut dalam penerbangan tersebut.

"Salut buat Garuda Indonesia yang telah mengadakan penerbangan khusus ini. Keterlibatan pilot perempuan, awak kabin dan juga petugas darat yang semuanya perempuan membuktikan bahwa
mereka mampu bekerja ditengah dunia yang sarat dengan perkembangan teknologi dan tantangan dinamika karir yang ada," kata Menteri Kelautan & Perikanan RI, Susi Pudjiastuti sesaat sebelum mengudara dengan penerbangan GA 204 itu.

Pada kesempatan itu Menteri Susi Pudjiastuti juga menyempatkan diri bersalaman dan berbincang-bincang singkat dengan kapten pilot dan seluruh crew pesawat dan mengatakan bahwa Garuda Indonesia telah mampu dengan baik mengakomodir aktualisasi diri kaum perempuan dalam jenjang karir professional di industri penerbangan.


Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Garuda Indonesia, Sari Suharso mengungkapkan melalui "Kartini Flight" ini Garuda Indonesia mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk terus berprestasi dan mengaktualisasikan diri tanpa batasan tertentu.

"Semangat tersebut kami representasikan melalui kehadiran pilot, awak kabin hingga release-woman yang semuanya perempuan pada penerbangan GA 204 rute Jakarta –Yogyakarta ini”, kata Sari.

Garuda Indonesia Group saat ini telah memiliki lebih dari 4500 karyawan perempuan yang terdiri dari petugas lapangan, teknisi pesawat, co-pilot, kapten pilot hingga profesi lainnya. Perempuan yang bekerja sebagai pilot sendiri mencapai 29 pilot perempuan di Garuda Indonesia. Sementara di GMF-Aeroasia sendiri tercatat memiliki 423 orang karyawati dimana 101 karyawati bekerja di lapangan sebagai teknisi dan engineer. Selain itu GMF-Aeroasia juga memiliki 11 orang releaseman perempuan yang berlisensi berbagai jenis pesawat yang dikuasainya.
 
Sementara itu Direktur Niaga Domestik Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati, menambahkan pihaknya berharap penerbangan Kartini Flight ini dapat menjadi agenda tahunan sebagai bentuk dan wujud dukungan kami terhadap sosok pahlawan R.A Kartini yang hingga saat ini terus menginspirasi seluruh perempuan di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Director of Airport Service and Facility, Ituk Herarindri juga menyampaikan, “Wanita modern tidak hanya mampu menunjukkan peran maksimalnya dalam keluarga dan karir, tetapi juga harus berkontribusi hal - hal positif yang mereka miliki kepada lingkungan sekitar, baik di dunia kerja maupun di kehidupan sosial. Kegiatan memperingati Hari Kartini Tahun 2018 di PT Angkasa Pura II ini juga bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada para pelanggan khususnya wanita karena di era Digital ini sentuhan layanan personal tetap dibutuhkan untuk mengasah rasa empati pada saat melayani pelanggan”.

"Kartini Flight" tersebut merupakan penerbangan khusus yang melibatkan seluruh sosok perempuan yang berperan penting dalam proses pelaksanaan penerbangan Garuda Indonesia, beberapa sosok perempuan hebat tersebut diantaranya :

1. Captain Pilot : Capt. Ida Fiqriah (kapten pilot perempuan pertama GA)
2. First Officer (FO/co-pilot) : Melinda
3. Flight Service Manager (FSM) : Evi Soenarjono
4. Flight Attendant (FA) : Kristina Halim
5. Flight Attendant (FA) : Sandra Junaedi
6. Flight Attendant (FA) : Lysda Taher
7. Flight Attendant (FA) : Chika Annisa
8. Flight Attendant (FA) : Kartika Hermiyanti
8. Engineer Aircraft Release : Pita Hadi Sriwahyuni
9. Engineer Aircraft Release : Dessy Purnamasari
10. Load Control : Maria Apriliyanti
11. Ramp Dispatcher : Woro Tyas
12. Flight Dispatcher : Iknashela Marasika

Selain itu turut onboard dalam Kartini Flight ini 2 orang perempuan petugas Air Traffic Control Airnav dan seorang perempuan pengemudi bus Damri.

Khusus dalam rangka Hari Kartini ini, Garuda Indonesia juga memberikan serangkaian program yang ditujukan khusus untuk pengguna jasa wanita seperti potongan harga hingga 21 %; bonus 2100 Miles untuk semua perempuan; potongan sebesar 50% untuk penukaran GarudaMiles serta akses lounge gratis di bandara Soekarno-Hatta, Kualanamu, Medan dan bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan untuk pengguna jasa wanita yang lahir pada bulan April.
 
Selain itu, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan “Kartini Flight” tersebut, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, Garuda Indonesia juga memberikan bantuan perlengkapan membatik untuk masyarakat di Sleman Yogyakarta serta bantuan berupa perlengkapan alat tangkap ikan untuk nelayan di pesisir Yogyakarta.
 
Kegitan CSR tersebut merupakan bentuk kepedulian Garuda Indonesia akan budaya khas Indonesia – khususnya batik dan juga terhadap kesejahteraan nelayan di sekitar bandara di Kulonprogo.
 
 


PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk.
VP CORPORATE SECRETARY  
 
HENGKI HERIANDONO

 

superadmin   21 April 2018   Dilihat : 254



Artikel Terkait:
Website Security Test