Nilai Ekspor Perdana Ikan Napoleon Lewat Jalur Laut Capai Rp1 Miliar

Pembukaan kran ekspor Ikan Napoleon asal Natuna dan Anambas yang dilakukan lewat jalur laut di Pulau Sedanau, Natuna, Sabtu (3/2). Dok. Humas DJPB

KKPNews, Natuna – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) baru saja mengizinkan ekspor ikan napoleon asal Natuna dan Anambas melewati jalur laut. Sabtu (5/1), pembudidaya di Pulau Sedanau melakukan ekspor 1000 ekor ikan napoleon asal Natuna ke Hongkong.

Nato, pembudidaya yang melakukan ekspor perdana mengaku merasa senang dengan diizinkannya ekspor langsung ikan napoleon lewat jalur laut.

Nato berharap dengan potensi ekonomi napoleon yang ada di Natuna bisa turut mendongkrak perekonomian masyarakat. Ia menggambarkan dari sekitar 1000 ekor yang diekspor, nilai jualnya mampu mencapai lebih dari Rp1 miliar. Nilai ini dari target kuota 5.000 ekor yang diperoleh CV Eka Bina Pratama.

Dalam sambutannya, Bupati Natuna Hamid Rizal mengatakan, masyarakat Natuna, khususnya para pembudidaya ikan dan pengepul ikan, sudah lama menantikan kesempatan ini, agar bisa mengekspor ikan napoleon dan kerapu ke Hongkong.

Bupati juga mengapresiasi sabarnya pembudidaya ikan di Natuna selama menunggu izin ekspornya keluar dari kementerian terkait, serta mau mematuhi hukum.

“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah kembali mengeluarkan izin untuk ekspor ikan sampai Maret 2018,” ujar Hamid Rizal. (Humas DJPB)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz