Sekjen KKP Lantik 462 Taruna/i Sekolah Tinggi Perikanan (STP)

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rifky Effendi Hardijanto mewakili Menteri Susi Pudjiastuti lantik 462 taruna/i Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta pada Rabu (6/9). Sembilan di antaranya adalah lulusan Magister Sains Terapan, dan 453 lulusan Sarjana Terapan Perikanan.

Sebanyak 37% diantaranya merupakan anak dari pelaku utama kelautan dan perikanan (nelayan, pembudidaya ikan) dan satu taruna berasal dari negara tetangga Timor Leste.

“Visi misi pemerintah Indonesia yang ingin laut sebagai masa depan bangsa, menjadi poros maritim yang dikenal dunia merupakan pekerjaan sekaligus opportunity besar yang menunggu kita untuk sama-sama membangun kelautan dan perikanan Indonesia, mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan menjadikan Indonesia pemain perikanan dan kelauatan yang diperhitungan oleh masyarakat dunia,” pesan Susi yang disampaikan oleh Rifky.

“Membangun laut adalah membangun manusianya, mempertahankan kedaulatan dan keberlanjutan serta kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan akan tercapai jika didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten konsisten dan penuh dedikasi,” tambahnya.

Menteri Susi juga berpesan agar KKP memberi perhatian dan memiliki komitmen tinggi untuk membentuk SDM yang kompeten sesuai dengan kebutuhan di sektor kelautan dan perikanan, karena kebutuhan pasar tenaga kerja nasional dan global semakin kompetitif.

Karakteristik kerja sektor kelautan dan perikanan sangat khas sehingga membutuhkan SDM yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan saja tetapi juga memiliki sikap kerja dan karakter yang bisa mengadaptasi karakter dengan kebutuhan perkembangan pasar dan dunia kerja.

Diharapkan masyarakat kelautan dan perikanan tumbuh dengan generasi terdidik dan kompeten sehingga dapat melaksanakan kebijakan pemerintah untuk membangun sektor kelautan dan perikanan.

“Dengan ini saya pribadi ingin menghimbau untuk lebih memusatkan bekerja di dalam negeri, membantu pembangunan industri perikanan dalam negeri sumbangkan pendidikan yang telah anda dapat dan dedikasikan kepada pemerintah yang sedang giat membangun dunia kelautan dan perikanan Indonesia. Tinggalah dan majukan negeri, membangun bersama Indonesia menuju poros maritim dunia,” pesan Menteri Susi lewat tayangan yang diputar pada saat prosesi wisuda.

(Humas BRSDMKP)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz