KKP WISUDA 1.161 LULUSAN SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH

BONE (13/5) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada bulan Mei ini mewisuda 1.161 orang lulusan di 9 (sembilan) Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) di lingkup KKP, termasuk wisuda pada hari ini, Sabtu (13/5) yang dilaksanakan di SUPM Bone – Sulawesi Selatan. Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) M. Zulficar Mochtar hadir langsung melantik para wisudawan SUPM Bone.

“Pelantikan wisuda hari ini dapat dilakukan karena adik-adik dinilai cakap, telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan nilai sikap perilaku baik, serta lulus pada ujian di satuan pendidikan. Pelantikan wisuda hari ini selain merupakan buah dari perjuangan selama pendidikan 3 (tiga) tahun, juga memberikan tanggung jawab untuk tetap menjaga perilaku dan karakter tangguh dan terampil yang telah dibentuk selama pendidikan”, demikian pesan Zulficar kepada para lulusan SUPM Bone.

SUPM Bone pada tahun 2017 ini mewisuda 154 orang lulusan, dengan 60 orang berdasarkan data per 3 Mei 2017 lalu telah diserap oleh dunia industry kelautan dan perikanan, baik di dalam maupun di luar negeri. Secara keseluruhan, dari 1.161 lulusan di sembilan SUPM, sejumlah setengahnya 550 orang telah diserap di dunia kerja. Sebagai sekolah vokasi usaha yang membekali siswanya untuk mampu tidak hanya menjadi tenaga kerja professional namun juga mampu membentuk usaha baru, tahun ini 56 orang lulusan telah merintis usaha di bidang perikanan. Angka serapan ini masih akan terus meningkat dikarenakan pada saat ini lulusan juga masih dalam proses perekrutan, baik sebagai tenaga kerja maupun untuk mendapatkan akses modal pembiayaan usaha, selain beberapa lulusan juga memilih untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebelumnya KKP telah melaksanakan wisuda bagi 117 orang lulusan SUPM Sorong (9/3), 167 orang lulusan SUPM Waeherudan 190 orang lulusan SUPM Tegal (10/3). Para lulusan ini selain mendapatkan sertifikat lulus pendidikan menengah kejuruan dari KKP dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga memperoleh sertifikat kompetensi sesuai jurusan pendidikan yang ditempuh.

“Pembentukan karakter, pembekalan kompetensi keahlian di bidang kelautan dan perikanan, serta profesionalisme merupakan bekal yang kita dorong untuk dimiliki oleh para lulusan. Hasilnya dibuktikan dengan lulusan dapat diserap dunia kerja, mampu jadi wirausaha muda, ini pesan Ibu Menteri yang terus kita dorong di SUPM”, ujar Zulficar. “Alhamdulillah, ini semua berkat dedikasi dari para pendidik, tenaga kependidikan, terimakasih, ini merupakan upaya luar biasa kita semua untuk membantu para pelaku utama kelautan dan perikanan”, lanjutnya.

Zulficar menegaskan bahwa akses terhadap pendidikan bagi generasi muda Indonesia khususnya yang ada di pesisir terus pemerintah tingkatkan, “Ini bagian dari kita memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir, agar tidak resisten dengan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan. KKP bantu para nelayan untuk mampu manfaatkan laut Indonesia”.

Narasumber :

1. Zulficar Mochtar, Kepala Badan Riset dan Sumber 
   Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMP-KP)

2. Lilly Aprilya Pregiwati, Kepala Biro 
   Kerja Sama dan Humas.
Informasi lebih lanjut :

Bagian Humas

Biro Kerja Sama dan Humas

email : humas@kkp.go.id, telp/fax : (021) 3514856, ext : 7503

icon-dowload

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz