KKP AJAK PENGUNJUNG PENAS XV KREASIKAN OLAHAN IKAN

ACEH (12/5) – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) menggelar demo olahan ikan pada rangkaian kegiatan Expo Aquaculture yang diadakan pada 6 – 11 Mei 2017. Acara itu digelar dalam upaya mengampanyekan ikan sebagai salah satu sumber protein yang menyehatkan dan harganya terjangkau.

Pada demo olahan ini, dikreasikan olahan dari ikan yakni ekado dari ikan tongkol. Rahmietry Widyaiswara Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Medan, menerangkan kita harus kreatif membuat olahan ikan agar menarik dan nilai gizinya bertambah lengkap dengan campuran bahan lainnya, seperti sayur-sayuran.

Ia juga menjelaskqan proses pembuatan ekado. Pertama, ikan yang telah dibersihkan dimasukan ke dalam food prosessor kemudian dihaluskan, lalu masukan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih jangan dicpur dengan bumbu  lain, sebagai penghilang  bau amis dan penyedap,masukkan tepung tapioka aduk rata. Kemudian, cetak adonan dan dibungkus dengan kulit tahu dan ikat menggunakan daun pandan, daun bawang, dan benang kasur. Selanjutnya, kukus di dalam panci dan dinginkan. Ekado pun siap disajikan atau dikemas.

“Prinsipnya, untuk pembuatan olahan ikan gunakan garam pada ikan agar kenyal dan pisahkan bawang putih dengan bumbu lainnya,” ujar Rahmietry saat demo olahan yang dihadiri puluhan pengunjung Penas XV Aceh. Pengunjung pun antusias mencicipi olahan ekado hasil demo. Pada kesempatan ini, Kepala Badan Pusat Pelatihan dan Penyuluhan (Kapuslatluh) juga sempat meninjau Expo Aquaculture, dan berbincang dengan pengunjung demo olahan.

Narasumber :

1. Zulficar Mochtar, Kepala Badan Riset 
   dan Sumber Daya Manusia (BRSDM)

2. Lilly Aprilya Pregiwati, 
  Kepala Biro Kerja Sama dan Humas.
Informasi lebih lanjut :

Bagian Humas

Biro Kerja Sama dan Humas

email : humas@kkp.go.id, telp/fax : (021) 3514856, ext : 7503

icon-dowload

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz