Kunjungi Lamongan, KKP Beri Bantuan 84 Unit Alat Tangkap Ramah Lingkungan

KKPNews, Lamongan. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  telah memberikan bantuan alat penangkapan  ikan ramah lingkungan yakni Gillnet sebanyak 84 unit kepada nelayan lamongan. Bantuan ini sebagai bentuk kompensasi atas diberlakukannya Permen No. 71 Tahun 2016 mengenai Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Sebelumnya, nelayan di Kabupaten Lamongan tersebut mengeluhkan lesunya pendapatan semenjak diberlakukannya Permen No. 71 Tahun 2016 tersebut. Hal ini dikarenakan 60% dari seluruh nelayan di Lamongan menggunakan alat tangkap yang dilarang oleh KKP, yakni Pukat Hela/Pukat Tarik/Trawl/Payang, Dogol, dan Cantrang.

Dirjen Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja saat mendampingi Komisi IV DPR RI dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan menyampaikan bahwa pemerintah akan melaksanakan raker untuk mendapatkan solusi terbaik. “Kearifan lokal harus kita jaga. Mari kita duduk sama-sama kita dinginkan hati kita atur sama-sama. Akan ada raker untuk membahas masalah ini karena kami tidak ingin profesi nelayan berkurang.”, terang Sjarief saat berdialog dengan nelayan lamongan, Jum’at (31/3).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga menyatakan nelayan bukanlah sebuah pekerjaan tetapi sudah menjadi way of life karena sudah turun temurun. “Ada 15.000 nelayan. Kebijakan pemerintah harus meningkatkan kesejahteraan nelayan.”, ujarnya.

Penulis : Estu Handayani

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz