MENTERI SUSI LANTIK EMPAT PEJABAT ESELON I KKP

Jakarta (28/2). Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti secara resmi melantik empat Pejabat Tinggi Madya setara Eselon I lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Gedung Mina Bahari III, Jakarta pada Selasa (28/2).

Pejabat yang dilantik ialah Rifky Effendi Hardijanto sebagai Sekretaris Jenderal, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMKP); Sjarief Widjadja sebagai Direktur Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT), sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal; M. Zulficar Mochtar sebagai Kepala Badan Riset dan dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT); dan Achmad Poernomo sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Sosial, dan Budaya, sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik.

Menteri Susi mengatakan, perubahan pimpinan di tubuh KKP ini sebagai hal yang wajar dan diperlukan untuk memaksimalkan kinerja KKP. Mereka yang dipilih adalah orang-orang yang dinilai memiliki kapasitas dan kapabilitas di bidang yang diamanahkan.

“Selama dua tahun ini, kita telah mencoba untuk mencapai target-target KKP demi kepentingan negara. Kita juga sudah lihat evaluasi kinerja, sehingga saya rasa perlu adanya perubahan jabatan. Hal ini perlu dilakukan agar tiga tahun ke depan KKP bisa mencapai tujuan yang kita inginkan bersama,” ungkap Menteri Susi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Susi juga mengucapkan terima kasih kepada presiden yang bersedia menampung aspirasi Menteri Susi untuk melakukan perubahan kepemimpinan di tubuh KKP.

“Saya berterima kasih sekali kepada Bapak Presiden karena beliau sudah bersedia mendengan aspirasi dari pembantunya, dalam hal ini saya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Beliau telah menyetujui usulan-usulan saya demi pengelolaan Kelautan dan Perikanan Indonesia yang lebih baik. Beliau sangat mengerti apa yang kita butuhkan,” ungkap dia.

Kepada Dirjen Perikanan Tangkap yang baru, Menteri Susi berpesan agar melakukan upaya-upaya inovatif guna meningkatkan produksi perikanan tangkap Indonesia. Menurutnya, perikanan tangkap adalah salah satu sektor kekuatan utama KKP. “Sebanyak ¾ Indonesia ini adalah kelautan. Di sana sumbernya perikanan tangkap. Jika kita bisa kelola dengan baik, itu akan jadi suatu keuntungan yang sangat besar bagi negara kita,” jelasnya.

Tak lupa, Menteri Susi juga mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh jajaran KKP. “Dalam acara World Oceans Summit (WOS) kemarin di Bali, saya senang sekali Uni Eropa memuji kita Indonesia. Kita bahkan dijadikan percontohan pengelolaan kelautan perikanan dunia. Saya pikir, itu semua pujian untuk saya dan kita bersama, seluruh jajaran KKP. Namun, kita masih banyak PR yang harus diselesaikan,” tandasnya.

Narasumber :

1. Rifky Hardijanto, Sekretaris Jenderal KKP

2. Lilly Aprilya Pregiwati, Kepala Biro Kerjasama dan Humas
Informasi lebih lanjut :

Bagian Humas

Biro Kerja Sama dan Humas

email : humas@kkp.go.id, telp/fax : (021) 3514856, ext : 7503

icon-dowload

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz