KKP Terapkan Teknologi Kerapu dan Teripang di Belitung Timur

KKPNews, Belitung – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) menggelar acara workshop Uji Aplikasi Teknologi Adaptif Lokasi (Ap-TAL) perbenihan dan pendederan ikan kerapu dan teripang yang bertempat di Kabupaten Belitung Timur, Kamis (13/10).

Acara workshop ini merupakan rangkaian akhir dari kegiatan kerja sama alih teknologi budidaya kerapu dan teripang oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut (BBPPPL) di Kabupaten Belitung Timur.

Kegiatan alih teknologi oleh BBPPBL Puslitbangkan, Balitbang KP di Kabupaten Belitung Timur telah dilakukan sejak tahun 2014. Pada tahun 2016 ini program yang dicanangkan adalah Uji Aplikasi Teknologi Adaptif Lokasi (Ap-TAL) perbenihan dan pendederan ikan kerapu dan teripang.

Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Belitung Timur Sarjano mengungkapkan, sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Belitung Timur dapat menjadi salah satu potensi besar yang dapat dimanfaatkan sebagai tumpuan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

”Kegiatan perikanan laut diharapkan mampu menjadi tumpuan ekonomi selain sektor pariwisata di Kabupaten Belitung Timur. Hal ini juga sekaligus diharapkan dapat menjadi solusi alternatif lapangan pekerjaan yang ada di Beltim, yaitu masalah pengangguran akibat berkurangnya aktivitas penambangan timah”, ujar Sarjano.

Sarjano menambahkan, Belitung Timur memiliki daya dukung yang baik sebagai kawasan budidaya laut. Hal ini karena posisi Belitung Timur berada di jalur ekonomi yang strategis, yaitu Sibolga-Padang-Lampung-Belitung-Hongkong. Belitung Timur juga memiliki kawasan laut yang cukup luas dan memiliki banyak teluk yang relatif terlindung dari arus besar.

Ia berharap budidaya teripang pasir dapat diaplikasikan dan dikembangkan di Belitung Timur. Hal ini karena teripang pasir memiliki prospek pemasaran yang bagus dan operasional biaya budidaya yang cukup mudah dan murah.

“Oleh karena itu, ke depannya diharapkan kegiatan budidaya laut ini akan terus berkembang di Kabupaten Belitung Timur, dibarengi dengan adanya perluasan jalur pemasaran dan pengawalan oleh pemerintah Dinas Perikanan dan Kelautan setempat,” tutup Sarjano. (RA)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz