Peran Wanita Dalam Industri Kelautan dan Perikanan

Kekuatan seorang wanita bukan hanya dapat mengubah kehidupan keluarganya, namun juga dapat berperan besar untuk kemajuan usaha dimana dia berkarya. Dimanapun tempat berkarya, kita dapat menuai prestasi, asalkan kita mau dengan sungguh-sungguh menjalaninya. Demikian pula halnya dengan industri kelautan dan perikanan, suatu industri yang umumnya diketahui hanya dimonopoli oleh kaum pria, tetapi disisi lain menampakkan bahwa wanita memiliki peran serta yang besar dalam kemajuan industri tersebut.

Terlihat dari angka statistik usaha dan industri kelautan dan perikanan (terlampir data statistik Jumlah unit pemasar ikan dan tenaga kerja menurut provinsi, jenis pemasaran ikan dan jenis kelamin tenaga kerja tahun 2010), jelas terlihat peran wanita melebihi tenaga kerja pria dalam hal jumlah tenaga kerja. Membuktikan bahwa peran serta wanita sangat besar dalam industri pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Kilas data tersebut menjadi pembuktian bahwa tenaga kerja wanita turut andil dalam membangun perekonomian bangsa dalam sektor kelautan dan perikanan.

Pemerintah melalui program kesetaraan gender telah mengajukan kebijakan WID (Women in Development) dan GAD (Gender and Development). Kedua kebijakan tersebut memberikan kerangka untuk mengidentifikasi atau mengevaluasi pendekatan yang digunakan yang ditujukan pada peranan seperti disebutkan diatas termasuk kebutuhan wanita yang bersifat praktis dan strategis dalam proyek. Program ini dibedakan lagi kedalam beberapa pendekatan, diantaranya program kesejahteraan. Pendekatan kesejahteraan ini bertujuan untuk mengakui peran reproduktif wanita dengan pemenuhan kebutuhan praktis gender wanita selain membawa wanita kedalam pembanguanan sehingga mereka bisa mandiri dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Program lainnya yaitu program keadilan. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan keadilan bagi wanita dengan menempatkan mereka sebagai partisipan aktif dalam pembangunan dan pemenuhan kebutuhan strategis gender serta pengakuan peranan wanita. Pemerintah melakukan intervensi langsung dengan pemberian otonomi politik dan ekonomi serta pengurangan ketidaksetaraan perempuan dengan laki-laki.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz